Pengertian Musik : Unsur – Unsur Musik
ilmu akuntansi

Pengertian Musik : Unsur – Unsur Musik

0
Pengertian Musik : Unsur – Unsur Musik - Jika anda ingin mencari teori musik tentang unsur-unsur musik anda tidak salah berkunjung ke blog teoriku ini karena saya akan berbagi tentang teori musik yang pada artikel yang lalu sudah dibahas blog teoriku tentang pengertian musik, kali ini teori yang akan dibahas yaitu unsur-unsur musik
Dalam dunia musik, terdapat beberapa unsur musik. Dalam pembentukkan musik secara utuh, unsur-unsur dan struktur musik mempunyai peranan penting dan keterkaitan yang kuat antara satu dan yang lainnya. Pada dasarnya unsur musik dapat dikelompokkan menjadi unsur-unsur pokok dan unsur-unsur ekspresi.
  1. Unsur-unsur pokok meliputi: irama, melodi, harmoni dan bentuk atau stuktur lagu.
  2. Unsur-unsur ekspresi meliputi: tempo, dinamik dan warna nada (Jamalus, 1988 : 7)

Unsur – Unsur Musik

a. Unsur Pokok
1.    Irama
Irama adalah urutan rangkain gerak yang menjadi unsur dalam sebuah musik (Jamalus, 1988 : 7). Irama dalam musik terbentuk oleh bunyi dan diam, dengan bermacam-macam lama waktu atau panjang pendeknya, membentuk pola irama, bergerak menurut pulsa dalam ayunan irama. Irama dapat dirasakan dan didengar (Soeharto, 1975 : 51).

Irama berhubungan dengan panjang pendeknya not dan berat ringannya tekanan atau aksen pada not. Namun demikian, oleh teraturnya gerak maka irama tetap dapat dirasakan meskipun melodi diam. Dan keteraturan gerak ini menyebabkan lagu lebih indah didengar dan dirasakan (Jamalus, 1988 : 56).

Dari pendapat tersebut, dapat dikatakan bahwa irama adalah urutan rangkaian gerak dalam sebuah musik yang membentuk pola irama dan bergerak teratur sehingga menyebabkan lagu enak didengar dan dirasakan.

2.    Melodi</