TEORI ATOM : Model Teori Atom Dalton

Model Teori Atom Dalton – Apa kabar para pembaca blog Kajian Teori? Setelah beberapa waktu lalau membahas tentang atom pada kesempatan ini juga akan membahas hal yang sama yaitu mengenai atom akan tetapi dari teorinya dalton. John Dalton adalah seorang ilmuwan Inggris. Teori dan Model Atom Dalton dianggap sebagai model atom pertama yang cukup ilmiah atau teori atom pertama. Dalton menyempurnakan pendapat mengenai model atom yang dikemukakan oleh Leucippos dan Democritus. 
TEORI ATOM DALTON : Model Atom Dalton
Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Lavosier mennyatakan bahwa “Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi”. Sedangkan Prouts menyatakan bahwa “Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap” Model atom Dalton didasarkan pada pengukuran kuantitatif reaksireaksi kimia.


Model Atom Dalton menghasilkan beberapa postulat sebagai berikut :
  1. Materi tersusun atas partikel-partikel sangat padat dan kecil yang tidak dapat dipecah-pecah lagi. Partikel itu dinamakan atom.
  2. Atom-atom suatu unsur identik dalam segala hal, tetapi berbeda dengan atom-atom unsur lain.
  3. Dalam reaksi kimia, terjadi penggabungan atau pemisahan dan penataan ulang atom-atom dari satu komposisi ke komposisi lain. 
  4. Atom dapat bergabung dengan atom lain membentuk suatu molekul dengan perbandingan sederhana. 

Kelemahan dan Kelebihan Teori Atom Dalton 

1. Kelebihan Teori Atom Dalton 

Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom

2. Kelemahan Teori Atom Dalton


Teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik. Bagaimana mungkin bola pejal dapat menghantarkan arus listrik? padahal listrik adalah elektron yang bergerak. Berarti ada partikel lain yang dapat menghantarkan arus listrik. 
Kesimpulan dari model atom ini, yaitu unsur terdiri atas atomatom yang sama dalam segala hal, baik bentuk, ukuran, dan massanya, tetapi berbeda dengan atom-atom unsur lain. Dengan kata lain, atom adalah partikel terkecil suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur itu.
Demikianlah ulasan kajian teori tentang  Teori Atom Dalton, semoga bermanfaat.
Baca juga :  Pengertian Stilistika Menurut Ahli

loading...