Home » Uncategorized » TEORI ATOM : Model Teori Atom Thomson

TEORI ATOM : Model Teori Atom Thomson

Model Teori Atom Thomson – Berdasarkan fakta bahwa elektron merupakan partikel dasar penyusun materi, mendorong Thomson membangun suatu model atom untuk menyempurnakan teori atom Dalton sebab model atom Dalton tidak menunjukkan adanya sifat-sifat listrik.

Teori Atom Thomson menyatakan bahwa:

“Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron”

Penemuan elektron dan pengetahuan bahwa semua atom mengandung elektron ternyata dapat digunakan untuk memberikan gambaran mengenai struktur atom. Elektron bermuatan listrik negatif, sedangkan atom secara keseluruhan bersifat netral. Jadi, setiap atom harus mengandung partikel-partikel bermuatan positif untuk mengimbangi muatan negatif clcktron-clcktronnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elektron beribu-ribu kali lebih ringan daripada atom secara keseluruhan. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa massa total atom didominasi oleh massa muatan positifnya.
Berdasarkan uraian di atas, pada tahun 1898 J.J. Thomson merumuskan model atom sebagai berikut. Atom merupakan bola bermuatan positif serba sama (homogen) yang mengandung elektron-elektron. Dalam model atom ini muatan positif dianggap tersebar merata di dalam seluruh volume bola itu. sedangkan elektron-elektronnya berada pada bagian-bagian tertentu. Model atom Thomson ini dikenal dengan istilah model atom roti kismis atau model atom plum-pudding.

Model Teori Atom Thomson


Teori Athom Thomson, menyatakan atom mengandung elektron yang bermuatan negatif dan elektron-elektron ini tersebar merata di dalam seluruh atom. Atomnya sendiri diasumsikan berupa bola pejal yang bermuatan positif. Jika model atom Thomson ini digambarkan dalam bentuk tiga dimensi akan mirip kue onde, bijih wijen menyatakan elektron dan onde menyatakan bentuk atom. Jika model atom Thomson dibelah dua maka elektron-elektron di dalam atom akan tampak seperti bijih jambu batu yang tersebar merata di dalam jambu.

Model atom Thomson menyerupai bola pejal yang bermuatan positif, dan elektron menyebar merata.

Kelebihan dan Kelemahan Teori Atom Thomson


Kelebihan

Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur.


Kelemahan

Model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.


Demikianlah ulasan tentang Teori Atom Thomson, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>