TEORI ATOM : Struktur Atom
ilmu akuntansi

TEORI ATOM : Struktur Atom

0
TEORI ATOM : Struktur Atom : Jika anda ingin mencari teori atom, tepat sekali karena saya akan membahas sedikit tentang teori-teori atom. Perkembangan pemahaman strukturatom sejalan dengan awal perkembangan ilmu Kimia modern. Ilmuwan pertama yang membangun model (struktur) atom adalah John Dalton, kemudian disempurnakan secara bertahap oleh J.J. Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr yang hingga sekarang masing-masing disebutkan Teori Atom Dalton, Teori Atom Thomson, Teori Atom Rutherford dan Teori Atom Bohr

Macam-Macam Teori Atom

1. Teori Atom Dalton
Teori Atom Dalton
Teori atom Dalton, yaitu unsur terdiri atas atomatom yang sama dalam segala hal, baik bentuk, ukuran, dan massanya, tetapi berbeda dengan atom-atom unsur lain. Dengan kata lain, atom adalah partikel terkecil suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur itu. Selengkapnya di Teori Atom Dalton.
2.  Teori Atom Thomson
Teori Atom Thomson
Menurut Thomson, atom mengandung elektron yang bermuatan negatif dan elektron-elektron ini tersebar merata di dalam seluruh atom. Atomnya sendiri diasumsikan berupa bola pejal yang bermuatan positif. Intinya Teori atom Thomson menyerupai bola pejal yang bermuatan positif, dan elektron menyebar merata. Selengkapnya di Teori Atom Thomson.

3. Teori Atom Rutherford
Teori Atom Rutherford
Rutherford menyimpulkan bahwa volume atom sebagian besar berupa ruang kosong. Ini ditunjukkan oleh banyaknya partikel alfa yang dapat melewati lempeng emas. Adanya partikel alfa yang dipantulkan akibat bertumbukan dengan suatu partikel yang sangat keras dengan ukuran sangat kecil. Rutherford menamakan partikel itu sebagai inti atom. Oleh karena partikel alfa bermuatan positif maka inti atom harus bermuatan positif. Jika inti atom bermuatan negatif maka akan terjadi tarik menarik antara inti atom dan partikel alfa. Selengkapnya di Teori Atom Rutherford.
4. Teori Atom Bohr
Teori Atom Bohr

Pada 1913, pakar fisika Denmark, Niels Bohr menyatakan bahwa kegagalan model atom Rutherford dapat disempurnakan dengan menerapkan Teori Kuantum dari Planck. Model atom Bohr dinyatakan dalam bentuk empat postulat berkaitan dengan pergerakan elektron. Teori atom Bohrmenyempurnakan model atom Rutherford dalam hal kedudukan elektron di sekeliling inti atom. Selengkapnya di Teori Atom Bohr.

Demikianlah struktur atom beserta model teori atom.

Kata kunci artikel :

TEORI ATOM : Struktur Atom

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat harga dan model terbaru => Daftar Harga!

Tags:

Artikel yang terkait dengan TEORI ATOM : Struktur Atom :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

Leave a Reply

Proudly designed by Theme Junkie.