BOARDING SCHOOL :: Jenis-jenis Boarding School

BOARDING SCHOOL :: Jenis-jenis Boarding School – Boarding school tidak lain adalah sistem sekolah dengan asrama, peserta didik tinggal dalam lingkungan sekolah dalam waktu tertentu (Majalah Keluarga Muzzaki, 2012). Sosiologi Amerika Cokson dan Hognes (dalam Steven, 1980) menyatakan dua elemen penting dari boardingschool, yakni:
  1. Sekolah secara luas teroganisasi dihuni oleh pelajar dan berbagai pihak yang bertugas untuk bekerja sama dalam usaha mencapai prestasi, kebutuhan fisik dan social well being dari mereka sendiri.
  2. Baik bangunan dan suasana dari institusi ini memiliki kualitas estetika tersendiri yang menunjukan agama, budaya, dan nilai etis dari institusi tersebut.

Lebih lanjut lagiLambert (dalam White, 2004) menyatakan boardingschool mempunyai empat point, yakni:
  1. Tempat berpindahnya baik fisik, mental dan keahlian sosial.
  2. Tempat pelajar diajari tentang nilai yang pantas dalam bertingkah laku, kepercayaan, rasa dan ekspresi, agama, moral dan kesadaran akan budaya dan ketertarikan intelektualitas.
  3. Tempat reputasi dan kehormatan sekolah tersebut sangatlah diperhatikan.
  4. Boarding school mengitergrasikan pribadi-pribadi kedalam kelompok sosial tertentu sesuai dengan tujuan kelompok sosial.
Menurut Tizard, Sinclair dan Clarke, Boardingschool juga disebut sebagai sekolah yang lengkap dengan kehidupan pelajarnya di dalamnya, terdiri dari beberapa unit dan mempunyai aktivitas dan kurikulum berbeda yang meliputi hampir keseluruhan maupun bagian dari kehidupan pelajar didalamnya (dalam Kahane, 1988).
BOARDING SCHOOL :: Jenis-jenis Boarding School

Jenis-jenis Boarding School

Terdapat beberapa jenis-jenis boardingschool, namun tidak semua jenis boarding school terdapat di Indonesia. Berikut adalah jenis-jenis boardingschool menurut Hays (1994) :
  1. Sekolah dengan pelajar berjenis kelamin sama (contohnya ST. Margaret’s School for Girls, Victoria).
  2. Sekolah militer, di Indonesia contohnya SMU Taruna Nusantara, Magelang.
  3. Sekolah Pra-Profesional seni, melatih pelajar menjadi seniman di berbagai bidang seperti musik, akting, teater, ballet, dan penulis. Namun, di Indonesia belum ditemukan sekolah dengan jenis ini.
  4. Sekolah berdasarkan agama, di Indonesia sekolah seperti ini merupakan jenis boarding school yang paling banyak.
  5. Sekolah berkebutuhan khusus seperti para remaja bermasalah, autis.
  6. Sekolah junior yang menyediakan Boarding school di bawah tahap SMU.

Demikianlah kajian teori mengenai boarding school mengenai jenis-jenis boarding school, semoga dapat menambah wawasan anda mengenai jenis boarding school.
Baca juga :  Pengertian Musik Tradisional

loading...

One thought on “BOARDING SCHOOL :: Jenis-jenis Boarding School

Comments are closed.