Home » Uncategorized » DEFINISI ARTIKEL :: Pengertian dan Ciri-ciri Artikel

DEFINISI ARTIKEL :: Pengertian dan Ciri-ciri Artikel

DEFINISI ARTIKEL :: Pengertian dan Ciri-ciri Artikel โ€“ Sudah taukah anda pengertian artikel? Istilah artikel sering kali kita sebut-sebut. Pengertian Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.
Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran dan kajian pustaka, atau hasil pengembangan projek. Dari segi sistematika penulisan dan isinya, artikel dikelompokkan menjadi artikel: hasil penelitian dan non artikel penelitian. Sedangkan makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur. Sementara Laporan Penelitian merupakan karyatulis ilmiah yang berisi paparan tentang proses dan hasil-hasil yang diperoleh dari suatu kegiatan penelitian.

Pengertian Artikel


Pengertian artikel dan Ciri-ciri Artikel

Ciri-ciri Artikel

Baiklah sekarang kita kan bahas mengenai ciri-ciriartikel. Sebagaimana dijelaskan di muka bahwa  artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau. Artikel ilmiah dibedkan menjadi artikel penelitian dan artikel non penelitian. Kedua karakteristik artikel ilmiah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

A. Atikel Penelitian

Artikel adalah karya tulis ilmiah yg dirancang untuk dimuat dlm jurnal atau buku kumpulan artikel yg ditulis dg tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Berdasarkan pengetian ini ada beberapa ciri artikel ilmiah adalah: (1) anya berisi hal-hal penting saja, mencakup temuan penelitian, pembahasan hasil/temuan penelitian, dan kesimpulan; (2) sistematika penulisan terdiri atas bagian dan sub bagian, misalnya: kajian pustaka merupakan kajian awal dari artikel (tanpa judul subbag KajianPustaka.)
Prosedur penulisan artikel dapat menempuh ada 3 cara, yaitu: (1). ditulis sebelum laporan teknis  dengan tujuan untuk memperoleh masukan; (2) setelah laporan teknis, dan (3) artikel jurnal merupakan satu-satunya tulisan yang disusun yang biasanya untuk penelitian swadana, di mana sistem penulisan artikel tanpa menggunakan sistem angka maupun abjad.
Sebagai karya tulis ilmiah, artikel ditulis dengan mengikuti sistematika sebagai berikut: Judul Nama Penulis, Sponsor, Abstrak dan kata kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran., Daftar Rujukan/Dftar Pustaka

B. Artikel Non Penelitian

Artikel non penelitian mengacu kepada semua jenis artikel ilmiah yang bukan merupakan laporan hasil penelitian. Ketentuan penulisan artikel non-penelitian sama dengan ketentuan menulis makalah pendek (panjangnya tidak lebih dari 20 halaman), kecuali dalam makalah pendek abstrak dan kata kunci tidak harus ada.
Sistematika penulisan artikel non-penelitian tidak menggunakan penomoran angka dan abjad. Artikel non penelitian berisi hal-hal yang sangat esensial saja dengan jumlah halaman antara 10-20 halaman. Unsur-unsur pokok yang harus ada dalam artikel non penelitian yaitu: (1) Judul, (2) Nama Penulis, (3) Abstrak dan  Kata kunci, (4) Pendahuluan, (5) Bagian inti, (6) Penutup, (7) Daftar Rujukan.
Bagaimana sekarang? sudah taukan pengertian artikel dan ciri-ciri artikel?

commentscomments

  1. Thanks for imformation, next time.. I hope this is can help me.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>