FUNGSI BUNGA :: Bagian-Bagian Bunga Lengkap
ilmu akuntansi

FUNGSI BUNGA :: Bagian-Bagian Bunga Lengkap

1
FUNGSI BUNGA :: Bagian-Bagian Bunga Lengkap – Makalah bagian-bagian bunga. Bunga adalah penjelmaan suatu tunas (batang dan daun-daun) yang bentuk, warna dan susunannya disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan, sehingga pada bunga ini dapat berlangsung penyerbukan dan pembuahan dan akhirnya dapat dihasilkan alat-alat perkembangbiakan. Bunga merupakan salah satu dari berbagai macam kenanekaragaman hayati yang ada didunia.
Tunas yang mengalami perubahan bentuk menjadi bunga itu biasanya batangnya lalu terhenti pertumbuhannya, merupakan tangkai dan dasar bunga sedangkan daun-daunnya sebagian tetap bersifat seperti daun hanya bentuk dan warnanya berubah dan sebagian lagi mengalami metamorfosis menjadi bagian-bagian yang memainkan peranan dalam peristiwa yang  akhirnya akan menghasilkan calon individu baru (Gembong Tjitrosoepomo, 1985: 122-123).

BAGIAN-BAGIAN BUNGA

Dalam struktur bunga ada beberapa bagian bunga yang biasanya selalu ada pada bunga. Bagian-bagian bunga ini terbagi menjadi 4 bagian.

Bagian Bunga (1) Tangkai bunga (pedicellus), yaitu bagian bunga yang masih jelas bersifat batang, padanya seringkali terdapat daun-daun peralihan yaitu bagian-bagian yang menyerupai daun, berwarna hijau yang seakan-akan merupakan peralihan dari daun biasa ke hiasan bunga.

Bagian Bunga (2) Dasar bunga (receptaculum) yaitu ujung tangkai yang seringkali melebar dengan ruas-ruas yang amat pendek sehingga daun-daun yang telah mengalami metamorfosis menjadi bagian-bagian bunga yang duduk amat rapat satu sama lain bahkan biasanya lalu tampak duduk dalam satu lingkaran.



Bagian Bunga (3) Hiasan bunga (perianthium) yaitu bagian bunga yang merupakan penjelmaan daun yang masih tampak berbentuk lembaran dengan tulang-tulang atau urat-urat yang masih jelas. Biasanya hiasan bunga dapat dibedakan dalam dua bagian yang masing-masing duduk dalam satu lingkaran.

Bagian-Bagian Bunga Lengkap

Jadi bagian-bagian hiasan bunga itu umumnya tersusun dalam dua lingkran.

1. Kelopak (calyk) yaitu bagian hiasan bunga yang merupakan lingkaran luar, biasanya berwarna hijau dan sewaktu bunga kuncup merupakan selubungnya yang melindungi kuncup tadi terhadap pengaruh-pengaruh dari luar. Kelopak terdiri atas beberapa daun kelopak (sepala). Daun-daun kelopak pada bunga dapat berlekatan satu sama lain dapat pula terpisah-pisah (Gembong Tjitrosoepomo, 1985: 143).

2. Tajuk bunga atau mahkota bunga (corolla) yaitu bagian hiasan bunga yang terdapat pada lingkaran dalam, biasanya tidak berwarna hijau lagi. Warna bagian inilah yang lazimnya merupakan warna bunga. Mahkota bunga terdiri atas sejumlah daun mahkota (petala) yang seperti halnya dengan daun-daun kelopak dapat berlekatan atau tidak.

Bagian Bunga (4) Alat-alat kelamin jantan ((androecium), bagian ini sesungguhnya juga merupakan metamorfosis daun yang menghasilkan serbuk sari. Androecium terdiri atas sejumlah benang sari (stamen). Pada bunga benang-benang sarinya dapat pula bebas atau berlekatan, ada yang tersusun dalam satu lingkaran ada pula yang dalam dua lingkaran.

Bagian Bunga (4) Alat-alat kelamin betina (gynaecium), yang ada pada bunga merupakan bagian yang biasanya disebut putik (pistillum). Putik terdiri atas metamorfosis daun yang disebut daun buah (carpella). Pada bunga dapat ditemukan satu atau beberapa putik dan setiap putik dapat terdiri atas beberapa daun buah.

Itulah yang dapat saya bagi di blog kajian teori yang membahas mengenai bagian-bagian bunga dan fungsi bagian bunga lengkap. Mudah-mudahan dengan membaca teori tentang bagian-bagian bunga ini dapat menambah pengetahuan dan dapat membuat makalah tentang bagian-bagian bunga.

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat harga dan model terbaru => Daftar Harga!


Artikel yang terkait dengan FUNGSI BUNGA :: Bagian-Bagian Bunga Lengkap :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

One Response

  1. Vira bikolo says:

    thanks …sangat bermanfaat

Leave a Reply

Proudly designed by Theme Junkie.