KARYA ILMIAH :: Pengertian dan Contoh Karya Ilmiah
ilmu akuntansi

KARYA ILMIAH :: Pengertian dan Contoh Karya Ilmiah

0
KARYA ILMIAH :: Pengertian dan Contoh Karya Ilmiah - Pengertian Karya Ilmiah - Karya ilmiah adalah karya tulis atau bentuk lainnya yang telah diakui dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni, yang ditulis atau dikerjakan sesuai dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah. Karya ilmiah merupakan karya tulis yang dikerjakan sesuai atau mengikuti kaidah-kaidah  ilmiah.
Pengertian Karya Ilmiah

Pengertian Karya ilmiah adalah suatu karya yang memuat dan mengkaji suatu masalah tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan. Maksudnya adalah karya ilmiahtersebut menggunakan metode ilmiah di dalam membahas permasalahan, menyajikan kajiannya dengan menggunakan bahasa baku dan tata tulis ilmiah, serta menggunakan prinsip-prinsip keilmuan yang lain seperti bersifat objektif, logis, empiris, sistematis, lugas, jelas, dan konsisten (Maryadi, 2001: 15).

Bentuk-bentuk Karya Ilmiah

Ada bermacam-macam bentuk karya ilmiah, yaitu:  Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Skripsi, tesis, dan disertasi merupakan karya ilmiah dalam suatu bidang studi yang ditulis oleh mahasiswa program Sarjana (S1), program Magister (S2), dan program  Doktor (S3) pada akhir studinya. Karya ilmiah tersebut merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan program studi mereka yang dapat ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka, atau hasil pengembangan (projek).

Karyai lmiah masuk dalam kelompok tulisan nonfiksi. Soeseno (1997) mnenyatakan bahwa istilah tulisan dipakai untuk menyatakan sebagai karya tulis yang disusun berdasarkan tulisan dan pernyataan gagasan orang lain, sedangkan karangan adalah hasil imajinasi, rekaan, dan fantasi seorang pengarang. Farr (1985) menyatakan bahwa panduan penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
1)      Title, rumuskan judul dengan singkat, padat, jelas, dan menggambarkan isi karya ilmiah,
2)      Authors,mencantumkan alamat surat
3)      Abstract,membuat ringkasan permasalahan dan pemecahan masalah
4)      Introduction, menjelaskan permasalahan dan parameter
5)      Materials and Methods, metode untuk melakukan
6)      Results,hasil yang ditemukan dan data-data yang mewakili
7)      Discussion, pembahasan makna dan hasil penelitian
8)      References,merujuk sumber informasi yang ditulis dengan cermat
Beberapa pengertian karya ilmiah di atas, merupakan batasan umum karya ilmiah. Guru-guru dalam pengembangan profesionalismenya juga dituntut untuk membuat karya ilmiah pendidikan, sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.

Demikian kajian teori tentang karya ilmiah, semoga bermanfaat.

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat harga dan model terbaru => Daftar Harga!


Artikel yang terkait dengan KARYA ILMIAH :: Pengertian dan Contoh Karya Ilmiah :

Dapatkan update terbaru via Twitter @belajarpsikolog, atau ikuti komunitasnya di Facebook

Leave a Reply