MODEL PEMBELAJARAN :: Pengertian dan Karakteristik Model Pembelajaran

PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN dan Karakteristik Model Pembelajaran – Metode atau model pembelajaran dalam dunia pendidikan banyak ragamnya. Akan tetapi tidak semua model dalam pembelajaran cocok untuk semua mata pelajaran, maupun semua siswa. Model pembelajaran atau metode pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Ahli

Pengertian model pembelajaran menurut Agus Suprijono (2011: 45). Model dapat diartikan “bentuk”, dalam pemakaian secara umum model merupakan interpretasi terhadap hasil observasi dan pengukurannya yang diperoleh dari beberapa sistem. Sedangkan menurut Agus Suprijono (2011: 45), model diartikan sebagai bentuk representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu. Lebih lanjut Agus mengemukakan bahwa model pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial (Agus Suprijono, 2011: 46).
Pengertian model pembelajaran menurut Syaiful Sagala (2005: 175) sebagaimana dikutip oleh Indrawati dan Wanwan Setiawan (2009: 27), menge­mukakan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar peserta didik untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar.
PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN dan Karakteristik Model Pembelajaran
Dari beberapa pengertian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian model pembelajaran adalah   kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. 

Karakteristik Model Pembelajaran

Ismail yang dikutip oleh Rachmadi Widdiharto (2004: 3) me­nyebutkan bahwa istilah model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode tertentu, karakteristik model pembelajaranyang dimaksud yaitu:

Baca juga :  Pengertian Bahasa Menurut Ahli?
  1. Rasional teoritik yang logis yang disusun oleh penciptanya
  2. Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
  3. Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut berhasiL.
  4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai
Rangke L Tobing, dkk sebagimana dikutip oleh Indrawati dan Wanwan Setiawan (2009: 27) mengidentifikasi lima karak­teristik modelpembelajaran yang baik, yang meliputi berukut ini:

  1. Prosedur ilmiah Suatu model pembelajaran harus memiliki suatu prosedur yang sistematik untuk mengubah tingkah laku peserta didik atau memiliki sintaks yang merupakan urutan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru-peserta didik.
  2. Spesifikasi hasil belajar yang direncanakan Suatu model pembelajaran menyebutkan hasil-hasil belajar secara rinci mengenai penampilan peserta didik.
  3. Spesefikasi lingkungan belajar Suatu model pembelajaran menyebutkan secara tegas kondisi lingkungan di mana respon peserta didik diobservasi.
  4. Kriteria penampilan Suatu model pembelajaran merujuk pada kriteria penerimaan penampilan yang diharapkan dari para peserta didik. Model pembelajaran merencanakan tingkah laku yang diharapkan dari peserta didik yang dapat didemonstrasikannya setelah langkah-langkah mengajar tertentu. 
  5. Cara-cara pelaksanaannya. Semua model pembelajaran menyebutkan mekanisme yang menunjukkan reaksi peserta didik dan interaksinya dengan lingkungan. 

Peran guru dalam penerapan model pembelajaran

Guru sebagai perancang pembelajaran harus mampu merancang seperti apa pembelajaran yang akan dilaksanakan. Model pembelajaran merupakan disain pembelajaran yang akan dilaksanakan guru di dalam kelas. Dengan melihat beberapa ciri khusus dan karakteristik model pembelajaran tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa sebelum mengajar, guru harus menentukan model pembelajaran yang akan digunakan. Jadi intinya menentukan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu modal untuk sukses dalam pembelajaran.

Dengan model pembelajaran, guru dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pola, tujuan, tingkah laku, lingkungan dan hasil belajar yang direncanakan. Dengan demikian proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan tepat sesuai dengan mata pelajarannya.

Nah demikianlah ulasan dari blog kajian teori tentang pengertian model pembelajaran, semoga bapak dan ibu guru mampu menerapkan model pembelajaran yang cocok untuk peserta didik. Mudah-mudahan sedikit ulasan tentang pengertian model pembelajaran dan karakteristik model pembelajaran yang baik di atas bermafaat.

Baca juga :  Pengertian Komunikasi, Unsur dan Proses