PENGERTIAN MUSIK :: Definisi Musik Tradisional
ilmu akuntansi

PENGERTIAN MUSIK :: Definisi Musik Tradisional

0
PENGERTIAN MUSIK :: Definisi Musik Tradisional – Sudah taukah anda apa itu musik tradisional? Jika anda belum mengetahui bagaimana teorimusik tradisional anda berada pada artikel yang tepat karena sebelumnya saya sudah posting artikel mengenai pengertian musik. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan pengertian musik tradisional menurut beberapa para ahli.

A.  Pengertian (Definisi) Musik Tradisional Menurut Para Ahli

Sebelum masuk pada pengertianmusik tradisional mari kita lihat dulu asal usul kata musik tradisional. Musik dapat didefinisikan sebagai sebuah cetusan ekspresi atau pikiran  yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi. Asal kata musik berasal  dari bahasa Yunani yaitu mousike yang diambil dari nama dewa dalam  mitologi Yunani kuno yaitu Mousa yakni yang memimpin seni dan ilmu  (Ensiklopedi National Indonesia, 1990 : 413). Tradisional berasa dari kata Traditio (Latin) yang berarti kebiasaan yang sifatnya turun temurun. Kata tradisional itu sendiri adalah sifat yang berarti berpegang teguh terhadap kebiasaan yang turun temurun (Salim dan Salim, 1991 : 1636).

B.  Pengertian Tradisi Menurut Ahli

Sedangkan pengertiantradisi berasal dari kata tradisi yang berarti sesuatu yang turun temurun (adat, kepercayaan, kebiasaan, ajaran) dari nenek moyang. Dengan kata lain, pengertian tradisi adalah kebiasaan yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya secara turun temurun.

Dipertegas lagi oleh Esten (1993 : 11) bahwa pengertian tradisi adalah kebiasaan turun – temurun sekelompok masyarakat berdasarkan nilai – nilai budaya masyarakat yang bersangkutan. (Ensiklopedi Nasional Indonesia, 91990 : 4141) mendefinisikan tradisi sebagai kebiasaan yang diwariskan dari suatu generasi ke generasi berikutnya secara turun temurun, Kebiasaan yang diwariskan mencakup berbagai nilai budaya, meliputi adat istiadat, sistem kemasyarakatan, sisstem pengetahuan, bahasa, kesenian dan sistem kepercayan.

C.  Pengertian Tradisional

Kesenian tradisional pada umumnya juga tidak dapat diketahui secara pasti kapan dan siapa penciptanya. Hal ini dikarenakan kesenian tradisional atau kesenian rakyat bukan merupakan hasil kreatifitas individu, tetapi tercipta secara anonim bersama kreatifitas masyarakat yang mendukungnya (Kayam : 60).

Pengertian tradisionalmenurut (Sedyawati, 1992 : 26) dalam perkembangan seni pertunjukan, adalah proses penciptaan seni di dalam kehidupan masyarakat yang menghubungkan subjek manusia itu sendiri terhadap kondisi lingkungan. Pencipta seni tradisional biasanya terpengaruh oleh keadaan sosial budaya masyarakat di suatu tempat.

Pengertian Musik Tradisional adalah


D.  Pengertian Musik Tradisional

Menurut Sedyawati (1992 : 23) musik tradisional adalah musik yang digunakan sebagai perwujudan dan nilai budaya yang sesuai dengan tradisi. Musik tradisional menurutTumbijo (1977 : 13) adalah seni budaya yang sejak lama turun temurun telah hidup dan berkembang pada daerah tertentu. Maka dapat dijelaskan bahwa musik tradisional adalah musik masyarakat yang diwariskan secara turun – temurun dan berkelanjutan pada masyarakat suatu daerah.

Pendapat di atas dapat dijelaskan bahwa musik tradisional adalah cetusan ekspresi perasaan melalui nada atau suara dari alat musik sehingga mengandung lagu atau irama yang diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Menurut Purba (2007:2), musik tradisional tidak berarti bahwa suatu musik dan berbagai unsur-unsur di dalamnya bersifat kolot, kuno atau ketinggalan zaman.

Namun, musik tradisional adalah musik yang bersifat khas dan mencerminkan kebudayaan suatu etnis atau masyarakat. Musik tradisional, baik itu kumpulan komposisi, struktur, idiom dan instrumentasinya serta gaya maupun elemen-elemen dasar komposisinya, seperti ritme, melodi, modus atau tangga nada, tidak diambil dari repertoire atau sistem musikal yang berasal dari luar kebudayaan suatu masyarakat pemilik musik yang dimaksud.

Pengertian Musik tradisionaladalah musik yang berakar pada tradisi masyarakat tertentu, maka keberlangsungannya dalam konteks masa kini merupakan upaya pewarisan secara turun temurun masyarakat sebelumnya bagi masyarakat selanjutnya. Tradisi dalam kebudayaan adalah suatu struktur kreativitas yang sudah ada sebelumnya.

Dalam tradisi ini juga mengandung arti keberadaan suatu kebudayaan yang tidak terpisahkan dengan masa lalu. Tradisi adalah sesuatu yang menghadirkan masa lalu pada era sekarang. Sehingga kebudayaan suatu masyarakat dalam konsepsi tradisi merupakan kontinuitas masa lalu bagi masa kini dan akan datang (Purba, 2007:2). Suatu musik tradisional di dalamnya terdapat gambaran mentalitas, prinsip-prinsip ekspresif, dan nilai-nilai estetik suatu jenis masyarakat.

Nah bagaimana teman? Sudah paham mengenai musik tradisional? Agar lebih paham anda bisa membaca unsur musik dan bentuk musik pada kajian teori yang lalu. Mungkin sekian dulu kajian teori mengenai pengertianmusik tradisional, semoga bermanfaat.

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? Lihat harga dan model terbaru => Daftar Harga!


Artikel yang terkait dengan PENGERTIAN MUSIK :: Definisi Musik Tradisional :

Dapatkan update terbaru via Twitter @