Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran biasanya dibuat dalam bentuk tercetak dan dikirim melalui pos. Namun ada pula beberapa perusahaan yang mengharuskan calon pelamar mengirim berkas secara elektronik, melalui faks atau email.

Dalam proses mendapatkan sebuah pekerjaan, fungsi surat lamaran sangat penting. Hampir separuh kegagalan atau keberhasilan hanya pada surat lamaran pekerjaan.

Ada beberapa poin penting yang harus diingat ketika membuat surat lamaran, yaitu.

  1. Kenali kebutuhan perusahaan.
    Cobalah anda mecari tau apa yang diperlukan oleh perusahaan, keahlian apa yang mereka butuhkan, selanjutnya pada surat lamaran anda menunjukkan pada mereka bahwa anda sanggup memberikan apa yang mereka butuhkan.
  2. Gaya bahasa yang digunakan hendaknya formal.
    Hindari memakai bahasa informal, dingin, kaku dan tidak alami. Jangan pula terlalu mendetail, cukup cantumkan informasi yang penting-penting saja. Singkat tepi padat, tunjukkan anda antusias dan bersemangat untuk mengisi posisi tersebut.
  3. Pastikan anda mengetik dengan rapi menggunakan komputer.
    Surat lamaran hendaknya dibuat tidak terlalu panjang, tetapi juga tidak terlalu pendek. Cukup 1 halaman A4 dengan spasi 1 atau 1,5 jenis huruf yang digunakan huruf standar dan formal seperti Times New Roman, Arial dengan ukuran font 11 atau 12ppt.

Secara garis besar ada lima komponen penting dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

  • 1. Alamat selaku pengirim surat.
  • 2. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • 3. Nama dan jabatan pihak yang dituju, berikut nama serta alamat perusahaan.
  • 4. Isi surat lamaran.
  • 5. Nama dan tanda tangan Anda di akhir surat.

Lihat contoh surat lamaran kerja di bawah ini ;

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Indonesia

Radyanti Paramita
Jl. Bukit Barisan 56A,
Klojen, Surabaya
081384636993

Surabaya, 12 Agustus 2013

Kepada Yth.
I r. Aria Tangkar
Direktur HRD PT World Finance Gedung Bursa Efek Jakarta It. 14
Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran kerja untuk posisi Financial Advisor sebagaimana tertera dalam iklan di Harian Kompas, 10 Agustus 2001 yang lalu.

Latar belakang pendidikan saya dari Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Indonesia, serta pengalaman bekerja sebagai tenaga paruh waktu di beberapa perusahaan, akan dapat memenuhi kriteria untuk posisi tersebut.

Di samping itu, saya juga memiliki motivasi tinggi dalam bidang keuangan dan memiliki minat untuk berinteraksi dengan orang lain. Menurut hemat saya, hal ini akan sangat membantu tugas seorang Financial Advisor. Saya juga mempunyai semangat kerja dalam tim.

Atas segala perhatian dan kesempatan yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih. Semoga dalam waktu dekat saya mendapat kabar baik dari Bapak.

Hormat saya,

Radyanti Paramita

 

Demikianlah ulasan contoh surat lamaran kerja yang dapat saya sajikan, jika ada kesalahan mohon dikoreksi. Contoh surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan tersebut saya kutip dari beberapa buku yang sudah diterbitkan dan menjadi acuan dalam membuat surat lamaran kerja.

Baca juga :  NASKAH DRAMA :: Unsur-unsur Dalam Drama
loading...