Pengertian Puisi Menurut Ahli

Pengertian Puisi Menurut Ahli

Secara umum karya sastra terbagi menjadi tiga jenis, yaitu prosa, drama dan puisi. Puisi dalam sastra Jawa mencakup beberapa jenis, salah satunya adalah geguritan. Geguritan memiliki ciri yang sama dengan puisi dalam bahasa Indonesia, yakni tidak memiliki aturan yang baku. Menulis puisi merupakan suatu kegiatan seorang “intelektual”, yakni kegiatan yang menuntut seorang harus benar-benar cerdas, harus benar-benar menguasai bahasa, luas wawasannya, sekaligus peka perasaannya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih jauh mengenai arti puisi, unsur-unsur puisi dan juga akan memberikan contoh puisi terbaru. Oke langsung saja lihat pengertian puisi menurut para ahli di bawah ini.

Pengertian Puisi Menurut Ahli

Pengertian Puisi Menurut Ahli

Ada beberapa pengertian puisi dari beberapa sumber yang sudah saya rangkum jadi satu pada artikel ini.

  1. Menurut Waluyo (2005: 1)
    Pengertian puisi adalah karya sastra yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif). Kata-kata betul-betul dipilih agar memiliki kekuatan pengucapan. Walaupun singkat atau padat, namun berkekuatan. Kata-kata yang digunakan berima dan memiliki makna konotatif atau bergaya figuratif.
  2. Menurut Dresden (dalam Sayuti, 1998:237)
    Pengertian puisi adalah sebuah dunia dalam kata. Isi yang terkandung di dalam puisi merupakan cerminan pengalaman, pengetahuan, dan perasaan penyair yang membentuk sebuah dunia bernama puisi.
  3. Pradopo (2007: 314)
    Berpendapat bahwa puisi adalah ucapan atau ekspresi tidak langsung. Puisi juga merupakan ucapan ke inti pati masalah, peristiwa, ataupun narasi (cerita, penceritaan).
  4. Schmitt dan Viala (1982: 116)
    Berpendapat bahwa “...le monde grec conçevait la poésie comme l’art de fabriquer un langage différent de l’usage courant (fait significatif, le mot poésie vient de «poiein» quisignifie en grec «faire», «fabriquer»)”.(…masyarakat Yunani memahami puisi sebagai seni menciptakan bahasa yang berbeda dari pemakaian bahasa sehari-hari(kenyataan yang jelas bahwa kata poésie berasal dari poiein yang dalam bahasa Yunani berarti «membuat», «menciptakan»))”.
Baca juga :  Jenis Majas dan Contoh Majas

Setelah kita baca uraian mengenai pengertian puisi diatas dapat disimpulkan bahwa puisi adalah salah satu karya sastra yang disusun untuk mengekpresikan ide,gagasan, perasaan dan emosi penyair dengan menggunakan kata-kata yang indah, melebihi bahasa yang digunakan sehari-hari. Puisi mengandung unsur-unsur seni atau keindahan karena di dalam puisi terdapat kata-kata indah yang dirangkai sedemikian rupa sehingga membuat para pembaca berkeinginan untuk membaca dan menyikap maksud yang tersirat. Selain itu, puisi mengekpresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan imajinasi dalam susunan yang berirama.

Sekian ulasan mengenai pengertian puisi menurut ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda semua, lihat juga artikel kami mengenai unsur puisi dan contoh puisi.

loading...