Pengertian Karangan Narasi

Pengertian Karangan Narasi

Sebelumnya sudah kita singgung masalah pengertian karangan. Menurut (Gie, 1995 : 17) karangan memiliki pengertian bahwa karangan adalah hasil perwujudan gagasan seseorang dalam bahasa tulis yang dapat dibaca dan dimengerti oleh masyarakat pembaca. Selanjutnya menurut Hastuti, dkk (1993: 107) karangan dibedakan menjadi lima jenis karangan, yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.

Pada kesempatan ini saya akan mengulas salah satu jenis karangan yaitu karangan narasi. Dibawah ini ada beberapa pengertian karangan narasi menurut para ahli.

Pengertian Karangan Narasi adalah

Pengertian Karangan Narasi Menurut Ahli

Menurut Widjono (2007: 175), Pengertian Narasi adalah uraian yang menceritakan sesuatu atau serangakaian kejadian, tindakan, keadaan secara berurutan dari permulaan sampai akhir sehingga terlihat rangkaian hubungan satu sama lain. Bahasanya berupa paparan yang gayanya bersifat naratif. Contoh jenis karangan ini biografi, kisah, roman, novel, dan cerpen.

Menurut Keraf (2001: 137) Narasi merupakan suatu bentuk wacana yang berusaha mengisahkan suatu kejadian seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa itu. Oleh sebab itu, unsur yang paling penting pada sebuah narasi adalah unsur perbuatan atau tindakan. Apa yang terjadi tidak lain tindak tanduk yang dilakukan orang-orang dalam suatu rangkaian waktu. Narasi lebih mengisahkan suatu kehidupan yang dinamis dalam suatu rangkaian waktu.

Marahimin (1994: 93) dalam bukunya yang berjudul Menulis secara populer mendefinisikan narasi sebagai berikut.
Narasi adalah cerita. Cerita ini berdasarkan pada urut-urutan suatu (atau rangkaian) kejadian atau peristiwa. Di dalam kejadian ini ada tokoh (beberapa tokoh) dan tokoh ini mengalami dengan menghadapi suatu (serangkaian) konflik dengan tikaian. Kejadian, tokoh, dan konflik ini merupakan alur. Dengan demikian, narasi adalah cerita berdasarkan alur.

Baca juga :  Pengertian Paragraf Naratif dan Contohnya

Berdasarkan beberapa pendapat di atas antara pendapat satu dengan pendapat yang lain berbeda. Namun, dari semua pendapat tersebut di atas mengarah pada satu pengertian karangan narasi yaitu bahwa dalam karangan narasi terdapat adanya peristiwa yang disusun berdasarkan urutan waktu. Disimpulkan bahwa bahwa pengertian karangan narasi adalah karangan yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa secara runtut.