Pengertian Gaya Bahasa

Pengertian Gaya Bahasa

Pada kesempatan kali ini admin kajianteori.com akan menambah kumpulan teori mengenai Pengertian Gaya Bahasa yang bisa digunakan untuk membuat makalah ataupun karya ilmiah yang lainnya. Beberapa bahasan sudah saya sampaikan di beberapa artikel yang lalu seperti pengertian stilistika, pengertian morfologi dan pengertian agama.

Tidak usah terlalu panjang saya memberikan kata pengantar atau sedikit pendahuluan sebelum masuk pembahasan, langsung saja, silahkan lihat teori mengenai Pengertian Gaya Bahasa di bawah ini.

Pengertian Gaya Bahasa

  1. Pengertian gaya bahasa menurut Aminuddin (1995: 5)  mengemukakan  bahwa style  atau gaya  bahasa  merupakan  cara  yang  digunakan  oleh  pengarang  dalam  memeparkan gagasannya  sesuai  dengan  tujuan  dan  efek  yang  ingin  dicapai.
  2. Pengertian gaya bahasa menurut  Tarigan  (  1985:  5)  gaya  bahasa  merupakan  bentuk  retorik,  yaitu penggunaan   kata-kata   dalam   berbicara   dan   menulis   untuk   meyakinkan   atau mempengaruhi  penyimak  dan  pembaca.
  3. Definisi gaya bahasa menurut Harimurti  (dalam Pradopo,  1993:  265)  adalah pemanfaatan  atas  kekayaan  bahasa  seseorang  dalam  bertutur  atau  menulis,  lebih khusus  adalah  pemakaian  ragam  bahasa  tertentu  untuk  memperoleh  efek  tertentu. Efek yang dimaksud dalam hal ini adalah efek estetis yang menghasilkan nilai seni.
  4. Definisi gaya bahasa menurut Achmadi (1988: 155-156) adalah kualitas visi, pandangan seseorang, karena merefleksikan cara seorang pengarang memilih dan meletakkan kata-kata dan kalimat-kalimat dalam mekanik karangannya. Gaya bahasa menciptakan keadaan perasaan hati tertentu, misalnya kesan baik ataupun buruk, senang, tidak enak dan sebagainya yang diterima pikiran dan perasaan karena pelukisan tempat, benda-benda, suatu keadaan atau kondosi tertentu.
  5. Definisi gaya bahasa menurut Albertine  (2005:  51)  mengemukakan,  gaya bahasa  adalah  bahasa  yang  bermula  dari  bahasa  yang  biasa  digunakan  dalam  gaya tradisional  dan  literal  untuk  menjelaskan  orang  atau  objek.  Dengan  menggunakan gaya  bahasa,  pemaparan  imajinatif  menjadi  lebih  segar  dan  berkesan.  Gaya  bahasa mencakup:  arti  kata,  citra,  perumpamaan,   serta  simbol  dan  alegori.   Arti  kata mencakup,  antara  lain:  arti  denotatif  dan  konotatif,  alusi,  parody  dan  sebagainya; sedangkan perumpamaan mencakup, antara lain: simile, metafora dan personifikasi.
  6. Definisi gaya bahasa menurut Luxemburg dkk (1990: 105) berpendapat bahwa gaya bahasa merupakan sesuatu yang memberikan ciri khas pada sebuah teks. Teks pada giliran tertentu dapat berdiri semacam individu yang berbeda dengan individu yang lain.
  7. Definisi gaya bahasa menurut Keraf (1981: 115) gaya bahasa yang baik itu harus mengandung tiga unsur yaitu kejujuran, sopan santun dan menarik. Dikatakannya bahwa dalam hal gaya ini kita mengenal dua istilah yaitu “bahasa retorik” (rhetorical device) dan “bahasa kias” (figure of speech). Bahasa retorik atau gaya bahasa dan bahasa kias merupakan penyimpangan dari bahasa.

Berdasarkan pendapat  tersebut, dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa merupakan  bahasa  yang  diberi  gaya  dengan  menggunakan  ragam  bahasa  yang  khas dan   dapat   diidentifikasi   melalui   pemakaian   bahasa   yang   menyimpang   dari penggunaan  bahasa  sehari-hari  atau  yang  lebih  dikenal  sebagai  bahasa  khas  dalam wacana   sastra.   Gaya   bahasa   merupakan   bentuk   pengekspresian   gagasan   atau imajinasi yang sesuai dengan tujuan dan efek yang akan diciptakan.

Baca juga :  DEFINISI PENDIDIKAN :: Pengertian Pendidikan oleh Ahli

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan, ada kurang dan lebihnya saya selaku admin mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami juga masih belajar. Semoga artikel mengenai Pengertian Gaya Bahasa selalu bermanfaat buat anda semua.