Pengertian Kompetensi Menurut Ahli

Pengertian Kompetensi Menurut Ahli

Pada kesempatan kali ini admin kajianteori.com akan menambah kumpulan teori mengenai Pengertian Kompetensi Menurut Ahli yang bisa digunakan untuk membuat makalah ataupun karya ilmiah yang lainnya. Beberapa bahasan sudah saya sampaikan di beberapa artikel yang lalu seperti pengertian agama, teks anekdot dan pengertian karangan narasi.

Tidak usah terlalu panjang saya memberikan kata pengantar atau sedikit pendahuluan sebelum masuk pembahasan, langsung saja, silahkan lihat teori mengenai Pengertian Kompetensi Menurut Ahli di bawah ini.

pengertian kompetensi

Pengertian Kompetensi Menurut Ahli

  1. Pengertian kompetensi   menurut   Kamus   Besar   Bahasa   Indonesia (KBBI)   (2002),   pengertian   kompetensi   adalah   kecakapan,   mengetahui, berwenang,   dan   berkuasa   memutuskan   atau   menentukan   atas   sesuatu.
  2. Pengertian   kompetensi menurut  Depdikbud  (1994)  adalah  karakteristik  yang dimiliki   oleh   individu   dan   digunakan   secara   tepat   dengan   cara   yang konsisten  untuk  mencapai  kinerja  yang  diinginkan.
  3. Pengertian kompetensi menurut Wardiman  Djojonegoro (1996:11)  memberikan  arti  kompetensi  sebagai  karakteristik  dasar  yang dimiliki  oleh  seorang  individu  yang  berhubungan  secara  kausal  dengan standar penilaian yang tereferensi pada  performansi yang superior atau pada sebuah   pekerjaan.
  4. Definisi Kompetensi menurut UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas penjelasan pasal 35 (1): “Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standard nasional yang telah disepakati”
  5. Pengertian Kompetensi menurut UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan: pasal 1 (10) : “Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan”

Karakteristik   dasar   kompetensi   menurut Wardiman  Djojonegoro (1996:11) adalah:

  1. Motivasi  (motives),  sesuatu  yang  secara  konsisten  menjadi  dorongan, dipikirkan,   atau   diinginkan   seseorang   untuk   kemudian   menjadi penyebab munculnya suatu tindakan.
  2. Bawaan (trait) merupakan suatu kecenderungan untuk secara konsisten merespons situasi atau informasi yang diterima individu.
  3. Konsep diri (self concept), perilaku, nilai, sifat, yang menggambarkan pribadi seorang individu.
  4. Pengetahuan  (knowledge),  keahlian  yang  dimiliki  seroang  individu berdasarkan informasi yang dimiliki pada suatu bidang tertentu.
  5. Keterampilan  (skill),  kepandaian  atau  kemampuan  untuk  melakukan suatu aktivitas mental maupun fisik tertentu. Kompetensiskill mental terdiri atas berpikir analitis dan berpikir konseptual.
Baca juga :  Pengertian Morfologi Menurut Ahli

Kelompok Kompetensi Menurut Wardiman Djojonegoro (1996:12)

Wardiman Djojonegoro (1996:12) membagi kompetensi menjadi beberapa kelompok, yaitu kelompok prestasi dan tindakan (achievement and action), menolong dan melayani orang lain (helping and human service), kekuatan pengaruh (impact and influence), manajerial, kognitif dan efektivitas pribadi (personal effectiveness). Dari masing-masing kelompok kompetensi tersebut, diturunkan kembali menjadi kategori sebagai berikut :
  1. Kelompok Prestasi dan Tindakan meliputi semangat untuk berprestasi (ACH), perhatian terhadap kerapihan, kualitas, dan ketelitian (CO), inisiatif/proaktif (INT), dan pengumpulan informasi (INFO).
  2. Kelompok Menolong dan Melayani Orang Lain meliputi empati (IU) dan kepedulian terhadap kepuasan pelanggan (CSO).
  3. Kelompok Kekuatan Pengaruh meliputi pengaruh strategis (IMP), kesadaran berorganisasi (OA), dan membangun hubungan kerja (RB).
  4. Manajerial meliputi mengajar dan melatih (DEV), keberanian untuk memberi perintah dan memanfaatkan kekuasaan karena jabatan (DIR), kerja sama dan kerja kelompok (TW), dan pemimpin kelompok (TL).
  5. Kelompok Kognitif meliputi berpikir analitis (AT), berpikir konseptual (CT), dan keahlian teknis / profesional / manajerial (EXP).
  6. Kelompok Efektivitas Pribadi meliputi pengendalian diri (SCT), kepercayaan diri (SCF), fleksibilitas (FLX), dan komitmen pada organisasi (OC).

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan, ada kurang dan lebihnya saya selaku admin mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami juga masih belajar. Semoga artikel mengenai Pengertian Kompetensi Menurut Ahli selalu bermanfaat buat anda semua.

loading...