Pengertian Transfer Belajar Menurut Ahli

Pengertian Transfer Belajar Menurut Ahli

Pada kesempatan kali ini admin kajianteori.com akan membahas tentang pengertian transfer belajar. Istilah ”transfer belajar ” berasal dari bahasa Inggris ”Transfer of Learning” dan berarti pemindahan atau pengalihan hasil belajar yang diperoleh dalam bidang studi yang satu ke bidang studi yang lain atau ke kehidupan sehari-hari di luar lingkup pendidikan sekolah.

pengertian transfer belajar

Transfer dalam belajar adalah kemampuan menerapkan apa yang telah dipelajari ke dalam situasi yang baru, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Dengan kata lain transfer dalam belajar berarti pemindahan hasil belajar dari mata pelajaran yang satu ke mata pelajaran yang lain, atau ke kehidupan di luar lingkungan sekolah.  Para guru sering bertanya kepada dirinya sendiri ” apa yang perlu ditransfer dalam situasi belajar?”  Jawabannya mungkin adalah satu atau lebih dari yang berikut ini: isi atau pengetahuan konseptual, pengetahuan strategis atau prosedural, dan pengaturan belajar yang sesuai.

Pengertian Transfer Belajar Menurut Ahli

  1. Transfer belajar menurut Reber 1988, berasal dari bahasa Inggris“transfer of learning” itu mengandung arti pemindahan keterampilan hasil belajar dari satu situasi ke situasi lainnya.
  2. Transfer belajar menurut Edward Thorndike dan Robert S. Woodworth (1901) adalah kemampuan menerapkan apa yang telah dipelajari ke dalam situasi yang baru, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  3. Slameto mengatakan bahwa transfer adalah pengaruh hasil belajar yang telah diperoleh pada waktu yang lalu terhadap proses dan hasil belajar yang dilakukan kemudian.
  4. Muhibbin Syah menyatakan bahwa trasfer belajar terjadi bila pengetahuan dan keterampilan anak didik sebagai hasil belajar pada masa lalu seringkali mempengaruhi proses belajar yang sedang dialaminya sekarang.
  5. Menurut W.S Winkel dalam bukunya “ Psikologi Pengajaran “ bahwa transfer belajar berasal dari bahasa inggris “ Transfer of Learning “ atau “transfer of Training “ yang brarti pemindahan atau pengalihan hasil belajar yang diperoleh dari bidang studi yang satu ke bidang studi yang lain atau kehidupan sehari-hari di luar lingkup pendidikan sekolah.
Baca juga :  Teori Belajar Behavioristik

Demikianlah ulasan mengenai pengertian transfer belajar, lain waktu akan saya jabarkan mengenai macam-macam, teori dan faktor-faktor yang mempengaruhi transfer belajar. Semoga bermanfaat

loading...