Pengertian Teks Eksemplum dan Contoh Teks Eksemplum

Pengertian Teks Eksemplum dan Contoh Teks Eksemplum

Pada kesempatan ini saya admin dari kajianteori.com akan membahas mengenai Pengertian Teks Eksemplum. Diharapkan setelah membaca ini diharapkan anda dapat mengetahui ciri, struktur eksemplum dan unsur kebahasaan yang ada di dalam teks ini. Setelah itu, saya harapkan anda semua mampu menghasilkan teks eksemplum yang panjangnya sekitar beberapa kalimat sesuai dengan ciri eksemplum, struktur teks eksemplum, dan unsur kebahasaan yang dimilikinya.  Oke tidak usah terlalu panjang lebar, pengertian teks eksemplum akan dibahas di bawah ini, semoga artikel mengenai pengertian teks eksemplum ini dapat bermanfaat untuk  anda.

Pengertian Teks Eksemplum

Pengertian Teks eksemplum adalah teks cerita (story genre) yang mengisahkan tokoh atau pelaku. Kisah tersebut diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian dilanjutkan dengan insiden dan peristiwa yang dialami tokoh, lalu ditutup dengan interpretasi yang muncul dari dalam diri tokoh.

Sebagai sebuah karya sastra, teks eksemplum yang berisi pengalaman hidup manusia tidak akan dapat kamu baca dan pahami maknanya apabila tidak ditulis dalam bahasa Indonesia. Apabila teks sastra ini ditulis dalam bahasa lain (bahasa Inggris atau daerah), tentu tidak semua dapat kamu pahami. Kamu tidak akan dapat mengetahui ilmu (pesan-pesan) yang disampaikan penulisnya.

Oleh karena itu, kamu harus mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan kepada bangsa Indonesia, baik sebagai bahasa nasional yang telah mampu menyatukan keberagaman suku, budaya, dan agama dalam wujud keindonesiaan, sebagai bahasa yang mampu menjadi wahana untuk menyerap ilmu dan gagasan, maupun sebagai bahasa yang berperan untuk menyampaikan informasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Kesimpulan dari pengertian teks eksemplum ini adalah agar pembaca dapat menilai karakter atau watak pelaku di dalam teks tersebut. Peristiwa yang terjadi dalam teks tersebut dianggap sebagai insiden yang menjadi bahan renungan. Agar dapat memahami insiden dan interpretasi yang terjadi dalam teks eksemplum, pemahaman terhadap kosakata menjadi sangat penting. Lihat contoh teks eksemplum dibawah ini :

Baca juga :  Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli

# Ciri-ciri Teks Eksemplum

  1. Berisi peristiwa yang tidak diinginkan terjadi.
  2. Menunjukkan urutan peristiwa yang jelas.
  3. Menggunakan bahasa naratif.
  4. Mempunyai struktur lengkap yaitu orientasi, insiden, dan interpretasi.

# Struktur Teks Eksemplum

  1. Orientasi
    Orientasi merupakan bagian awal teks. Biasanya bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh.
    Contoh: “Dia merupakan salah satu teman saya saat kecil, dia sangat suka menabung.”
  2. Insiden
    Insiden merupakan bagian kedua dari teks. Bagian ini merupakan peristiwa yang berisi persoalan yang dihadapi oleh si tokoh.
    Contoh: “Jonni kehabisan uang jajan karena terlalu sering bermain Play Station di warung Pak Jaka.”
  3. Interpretasi
    Jika Insiden merupakan masalah/persoalan yang dihadapi oleh pemain, sedangkan Interpretasi merupakan pesan moral, evaluasi, san akibat masalah yang dilakukan oleh si pemain.
    Contoh: “Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.”

# Contoh Teks Eksemplum

Mengejar Cita

Pagi itu Dani ingin sekali bersekolah, Akan tetapi, karena kondisi keuangan keluarganya yang tidak mencukupi, diaterpaksa mengurungkan niatnya. Dani tidak bisa melanjutkan sekolah karena harus membantu ibunya yang sehari-hari mencari nafkah sebagai penjual nasi. Dani hanya bisa membantu ibunya berjualan nasi pecel. Sejak ayahnya meninggal, ekonomi keluarga Dani tidak stabil. Mereka berusaha keras mengumpulkan uang untuk kebutuhan seharihari. Mereka berharap mendapatkan rezeki lebih agar Dani bisa bersekolah kembali.

Ketika Dani berangkat menjajakan koran, tanpa disangka dia bertemu dengan temannya yang bernama Tina, anak seorang Kepala Sekolah. Perasaan iri Dani muncul ketika melihat Tina berpakaian seragam sekolah yang rapi, lengkap dengan sepatu dan tas. Akan tetapi, dia sadar bahwa dia tidak mungkin seperti Tina. Seperti biasa, dengan semangat yang luar biasa, Dani benar-benar tak merasakan lelah meskipun terik matahari siang itu begitu terasa di kulit. Dani masih tetap semangat dan termotivasi untuk mengumpulkan uang yang banyak agar bisa melanjutkan sekolah dan mewujudkan citacitanya. Dani berharap hari ini dia memperoleh hasil yang banyak dalam penjualan koran.

Pada saat Dani menyeberang jalan untuk mengejar orang yang ingin membeli korannya, tiba-tiba sebuah mobil menyenggolnya. Dia terjatuh ke pinggir jalan dan koran dagangannya berantakan. Wanita yang mengendarai mobil itu turun lalu menghampiri Dani yang masih tergeletak. Wanita muda itu memarahi Dani yang masih belum sadar.

Ketika Dani sadar, dia mendengar wanita itu memarahinya karena menyeberang jalan ketika lampu lalu lintas masih hijau. Padahal, Dani berlari dan menyeberang jalan ketika lampu lalu lintas sudah berwarna merah. Mobil dan motor sudah berhenti. Hanya Ibu itu saja yang masih menjalankan mobilnya. Banyak saksi yang melihat bahwa Dani tidak bersalah. Dani tidak dapat berbuat apa-apa. Dia hanya manatap korannya yang sudah berjatuhan dan tidak dapat dijual lagi.

Dani hanya bisa diam ketika dikatakan sebagai penyebab terjadinya kecelakaan itu. Dani hanya pasrah dan berharap hal itu tidak terjadi lagi padanya. Hikmah yang dapat diambil adalah jangan menyalahkan orang yang sesungguhnya tidak bersalah.

Demikianlah salah satu contoh teks eksemplum lainnya akan saya bahas lain waktu jika contoh teks eksemplum yang lainnya saya sampaikan disini akan terlalu panjang. Seperti yang sudah-sudah seperti contoh teks eksplanasi, contoh teks anekdot dan pengertian teks anekdot juga saya sampaikan tersendiri. Untuk itu contohnya baru akan saya posting pada artikel berikutnya. Terima kasih semoga pengertian teks eksemplum dan contoh teks eksemplum ini dapat bermanfaat untuk anda.