Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli

Pada kesempatan kali ini admin kajianteori.com akan menambah kumpulan teori mengenai Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli yang bisa digunakan untuk membuat makalah, tugas sekolah ataupun untuk karya ilmiah yang lainnya. Beberapa bahasan sudah saya sampaikan di beberapa artikel yang lalu seperti contoh teks anekdot, cerita eksemplum, dan contoh teks eksplanasi.

Tidak usah terlalu panjang saya memberikan kata pengantar atau sedikit pendahuluan sebelum masuk pembahasan, langsung saja, silahkan lihat teori mengenai Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli di bawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli

Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan teks sebagai sarana pembelajaran. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks. Pada jenjang SMP/MTs terdapat 14 jenis teks, yaitu (1) teks hasil observasi, (2) teks tanggapan deskriptif, (3) teks eksposisi, (4) teks eksplanasi, (5) teks cerita pendek, (6) teks cerita moral, (7) teks ulasan, (8) teks diskusi, (9) teks cerita prosedur, (10) teks cerita biografi, (11) teks eksemplum, (12) teks tanggapan kritis, (13) teks tantangan, dan (14) teks rekaman percobaan (Permendikbud No. 68 Tahun 2013).

Pada artikel ini akan membahas mengenai  salah satu teks yang di gunakan dalam pembelajaran yaitu teks eksposisi.

  1. Pengertian Eksposisi menurut Keraf (1995: 7) eksposisi adalah suatu bentuk wacana yang berusaha menguraikan objek sehingga memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Eksposisi adalah bentuk wacana yang tujuan utamanya adalah memberitahuakan dan memberi informasi mengenai suatu objek tertentu. Wacana jenis ini sama sekali tidak mempengaruhi atau mengubah sikap dan pendapat pembacanya.
  2. Pengertian Eksposisi menurut Alwasilah (2005: 111) menyatakan bahwa eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi sebuah persoalan. Penulis berniat untuk memberi informasi atau memberi petunjuk kepada pembaca. Walaupun sedikit berbeda, kedua ahli tersebut memiliki kesamaan yang terletak pada tujuan penulisan eksposisi.
  3. Nasucha (2009: 50) dalam bukunya mengungkapkan paragraf eksposisi bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya. Paragraf eksposisi biasanya digunakan untuk menyajikan pengetahuan/ ilmu, definisi, pengertian, langkah-langkah suatu kegiatan, metode, cara dan proses terjadinya sesuatu.
Baca juga :  Pengertian Bahasa Kias (Pemajasan)

Struktur Teks Eksposisi :

Keraf (1995: 9-10) menjelaskan bahwa terdapat tiga struktur eksposisi, yaitu 1) pendahuluan, 2) tubuh eksposisi, 3) kesimpulan. Hampir sama dengan Marahimin (1994: 208-210) yang menjabarkan bahwa eksposisi terbentuk dari tiga bagian yaitu tesis, kelas-kelas, dan kesimpulan. Dari berbagai pendapat ahli tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa struktur paragraph eksposisi adalah : (1) adanya tesis, yaitu inti atau ide yang akan dipaparkan, (2) uraian mengenai ide pokok (pengembangan tesis/argument), dan (3) adanya kesimpulan yang menegaskan kembali keberadaan tesis.

Syarat Menulis Teks Eksposisi :

Syarat Menulis Eksposisi Karangan eksposisi bertujuan untuk memperluas pengetahuan pembaca. Tujuan tersebut dapat dicapai apabila memenuhi syarat-syarat tertentu. Keraf (1986: 6) menyatakan (1) penulis mengetahui seba sedikitnya tentang subjeknya, dengan demikian penulis dapat mengembangkan penetahuannya mengenai subjeknya untuk kemudian ditampilkan dalam tulisan; (2) penulis harus mampu menganalisis persoalan yang ada dengan jelas dan konkret.

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan, ada kurang dan lebihnya saya selaku admin mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami juga masih belajar. Semoga artikel mengenai Pengertian Teks Eksposisi Menurut Ahli selalu bermanfaat buat anda semua.