Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tipe-tipe Komunikasi | Interpersonal, Intrapersonal, Massa, Kelompok dan Organisasi

komunikasi intrapribadi adalah


Komunikasi adalah suatu percakapan dua arah yang dilakukan oleh pembicara dan pendengar, kegiatannya melekat dan sering dilakukan oleh kita sehari-hari, dalam segala hal komunikasi menjembatani untuk setiap tindakan penting manusia, dapat diinterprestasikan dan diterapkan dalam segala kegiatan sehari-hari. Sehingga untuk menyelesaikan suatu permasalahan kita bisa berkomunikasi yang baik dengan individu lain.

Komunikasi dapat dikatakan langsung atau tidak langsung bergantung pada alat penghubung yang digunakan dan untuk tipenya tergantung pada kondisi siapa komunikan atau pendengar yang menjadi audience, ada beberapa tipe komunikasi seperti Interpersonal, Intrapersonal, Massa, Kelompok dan Organisasi. Setiap tipe komunikasi dapat dibedakan sesuai alat penghubung dan audiencenya. Berikut akan dijelaskan tipe-tipe komunikasi beserta contohnya:

Tipe-Tipe Komunikasi

1.  Komunikasi IntraPersonal

Komunikasi InterPersonal atau komunikasi dengan diri sendiri yaitu porses komunikasi yang terjadi dalam diri kita sendiri, atau bisa disebut dengan ngobrol dengan diri sendiri. Hal ini terjadi ketika kita terpikir suatu objek yang sedang diamati untuk memberi suatu arti. Proses komunikasinya biasa terjadi pada pikiran kita atau yang sering disebut suara hati nurani.

Sangat sulit untuk curhat kepada teman atau keluarga kita, lalu menjadikan permasalahannya dipendam yang membuat sering bertanya-tanya kepada diri sendiri

Contoh Komunikasi InterPersonal yaitu "Kira-kira apa yang terjadi kalau saya tidak datang?" ketika kita dalam kebingunan dalam memutuskan suatu tindakan, atau ketika kita bingun siapa dan bakat apa yang ada dalam diri kita "Oh, bakat apa yang aku miliki, dan siapakah sebenarnya diriku ini?"

2.  Komunikasi InterPersonal

Komunikasi Interpersonal atau Komunikasi antarpribadi adalah proses komunikasi yang terjadi antara dua orang secara langsung tatap muka, komunikasi antarpribadi lebih efektif secara dialogis, antara pembicara dan pendengar saling menyampaikan dan memberi pesan secara timbal balik.

Contoh Komunikasi Interpersonal yaitu ketika kita sedang melakukan percakapan dengan teman kita secara langsung dan lawan bicaranya melakukan timbal balik.

3.  Komunikasi Massa

Komunikasi Massa atau Mass Communication adalah Proses komunikasi secara melembaga kepada khalayak yang bersifat massal menggunakan media penghubung yang bersifat mekanis, Pesan yang disampaikannya berupa fakta dan disampaikan secara variatif, baik dari segi usia, suku, pekerjaan, agama maupun dari segi kebutuhan audiencenya.

Sumber dan audience dihubungkan melalui media penghubung yang diproses secara mekanik, lembaga yang menyampaikan biasanya terdiri dari banyak orang seperti tekhnisi, reporter, editor, penyiar dan lainnya yang tegolong dalam anggota lembaga tersebut. Proses komunikasi dari sumber lebih formal dan dipersiapkan lebih matang oleh redaktur anggota lembaga.

Pesan informasi yang disampaikan berlangsung dalam satu arah dan tanggapan dari audience sangat lambat dan terbatas. Karena melalui media massa elektronik seperti televisi sehingga penyebaran berlangsung cepat dan meluas, yang menjadikan biaya produksinya menjadi mahal.

4.  Komunikasi Kelompok

Komunikasi Kelompok terjadi ketika proses komunikasi terdiri dari tiga atau lebih orang yang memiliki satu identitas bersama yang berinteraksi secara reguler. Dapat disarkan pada loyalitas, pengalaman dan kepentingan secara bersama. Faktor menjadi sebuah kelompok adanya suatu norma, ideologi, nilai-nilai bersama dan memiliki kesadaran dari anggotanya yang merupakan bagian dari kelompok tersebut.

Kelompok menurut Sosiologi (Willa Husky) merupakan suatu ikatan yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan berkomunikasi. Contoh komunikasi kelompok yaitu ketika kita berdiskusi dengan teman kelas yang memiliki identitas sama yaitu terikat pada satu kelas dan terjadinya timbal balik antara individu.

5.  Komunikasi Organisasi

Komunikasi Organisasi merupakan proses komunikasi dimana anggotanya tergabung dalam bentuk kelompok yang didalamnya terkumpul orang-orang yang saling bergantung. Proses Komunikasinya terjadi dalam organisasi atau antarorganisasi yang bersifat formal maupun informal. Semakin formal organisasinya pesan yang disampaikan akan lebih terstruktur.

Komunikasi Organisasi melibatkan komunikasi kelompok, komunikasi antarpribadi, komunikasi intra pribadi dan komunikasi publik. Contoh yang sering terjadi yaitu ketika rapat anggota dewan, adanya satu ikatan anggota dan bersifat formal.

        6.  Komunikasi Publik

Komunikasi Publik sering disebut juga Pidato dimana pesan yang disampaikan oleh pembicara terjadi pada khalayak yang besar dan tatap muka, penyampaian pesan secara kontinu dimana interaksi antara pembicara dan audience terbatas. Pembicara dapat diidentifikasi dengan mudah dan pembicara terkadang tidak bisa mengidentifikasi siapa audiencenya satu persatu, memiliki waktu yang sangat terbatas.

Komunikasi Publik atau bisa disebut komunikasi kolektif, komunikasi retorika dan public speaking. Contoh komunikasi publik yaitu seperti kepala desa sedang pidato pada masyarakat desa dan anggota desa.












Posting Komentar untuk "6 Tipe-tipe Komunikasi | Interpersonal, Intrapersonal, Massa, Kelompok dan Organisasi"