Apa Itu Interaksi Sosial, Ciri-Ciri dan Syarat-syarat Interaksi Sosial - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Interaksi Sosial, Ciri-Ciri dan Syarat-syarat Interaksi Sosial



Interaksi sosial adalah suatu hubungan timbal balik antara individu dengan individu dan kelompo, atau bisa antara kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial terjadi bisa kapan saja dan dimana saja, terwujud karena adanya aksi dan reaksi pada setiap individu. Interaksi sosial sering terjadi dikehidupan sehari-hari walaupun kita belum mengetahui apa itu interaksi sosial?.

Kita selaku makhluk sosial pasti sering melakukan perbincangan dengan teman atau keluarga, maupun itu diskusi atau sekedar curhat tentang masalah yang dialami. Manusia pada hakikatnya membutuhkan peran antara manusia-manusia lainnya pada kegiatan sehari-hari. Seperti ketika kita memiliki suatu masalah yang bingung untuk menyelesaikannya kita bisa curhat kepada keluarga atau teman untuk mencari solusi yang terbaik.

Bentuk Interaksi Sosial ada dua yaitu, interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif. 

Interaksi Sosial asosiatif adalah bentuk interaksi sosial yang positif mengarah kepada keharmonisan dan kerjasama. Sedangkan Interaksi sosial disosiatif adalah bentuk interaksi yang mengarah kepada perpecahan atau konflik antara individu ataupun kelompok.

Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Kimball Young, Mendefinisikan Interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial antara individu dengan perorangan atau individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok yang dinamis.

Broom and Selznic, Mendefiniskan Interaksi sosial adalah suatu proses yang dilandasi kesadaraan adanya individu lain, dan individu memerlukan respon dari individu lainnya.
    
Macionis, Mendefinisikan Interaksi sosial adalah adanya aksi dan reaksi seseorang dengan individu atau kelompok.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

  1. Jumlah Individu lebih dari satu, Interaksi sosial tidak dapat terjadi apabila hanya ada satu orang karena tidak adanya aksi dan reaksi.

  2. Komunikasi menggunakan lambang dan simbol tertentu, pada proses interaksi sosial yang terjadi antara individu atau kelompok tidak hanya terjadi menggunakan lambang bahasa secara lisan, akan tetapi interaksi sosial juga menggunakan simbol-simbol tertentu seperti gestur tubuh atau isyarat. 

  3. Ada Tujuan yang Tercapai, Tujuan interaksi sosial tergantung individu atau kelompok yang melakukannya bisa mengarah kepada kerja sama bahakn mengarah kepada pertentangan.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

  1. Kontak Sosial Primer, yaitu kontak sosial yang terjadi secara langsung tanpa adanya media penghubung, seperti saling sapa dan berjabat tangan.

    • Kontak Sosial Sekunder,  yaitu kontak sosial yang terjadi secara langsung dan tidak langsung menggunakan media penghubung seperti telepon, chatting, SMS dan titip pesan kepada orang lain. 

    • Kontak sosial, Dalam terjadinya Kontak sosial ada upaya hubungan antara individu dengan individu lainnya. Dimana masing-masing pihak saling aksi dan bereaksi meskti tanpa harus bersentuhan secara fisik. Kontak sosial dapat dibedakan menjadi dua bagian :

  2. Komunikasi, Apabila kontak sosial telah terjadi, maka komunikasi adalah jembatannya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai,  karena pada komunikasi adanya suatu proses penyampaian dan penerimaan suatu pesan atau gagasan pada setiap individu atau kelompok. Pada komunikasi dapat dibedakan menjadi dua, antara lain:

    • Komunikasi Verbal, yaitu komunikasi yang menggunakan lisan maupun tulisan secara langsung atau tidak langsung.

    • Komunikasi Nonverbal, yaitu komunikasi yang menggunakan simbol-simbol atau gesture tubuh secara langsung.

Kesimpulan :

Interaksi Sosial adalah suatu hubungan timbal balik antara individu dan kelompok, untuk terjadinya suatu interaksi sosial harus adanya individu lain sehingga adanya aksi dan reaksi. Bentuk interaksi sosial dapat dibedakan sesuai tujuan yang dicapai, suatu interaksi sosial dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung menggunakan media penghubung seperti Telepon, Chatting pada media sosial dan sebagainya.

1 komentar untuk "Apa Itu Interaksi Sosial, Ciri-Ciri dan Syarat-syarat Interaksi Sosial"

  1. Terima kasih untuk ilmu yang dibagi buat anak anak kami, terimakasih banyak

    BalasHapus