Pengertian Komunikasi, Proses Komunikasi & Komponen Proses Komunikasi, - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komunikasi, Proses Komunikasi & Komponen Proses Komunikasi,

Pengertian komunikasi menurut para ahli dan tahunnya


Pengertian Komunikasi

Apa itu Komunikasi ? Komunikasi adalah suatu sarana interaksi yang dapat mempermudah antara individu, kelompok, organisasi dan masyarakat dalam penyampaian makna informasi kepada lawan bicaranya, melalui penggunaan suatu tanda, simbol dan lambang yang dapat dipahami oleh bersama.

Istilah Komunikasi dalam Bahasa Inggris adalah communication dari kata latin communicatio bersumber dari communis yang memiliki arti sama. Menurut Carl L. Hovland : Ilmu komunikasi adalah suatu upaya sistematis yang bertujuan merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian informasi dalam pembentukan sikap dan pendapat.

Pengertian Komunikasi Verbal & Non Verbal

Komunikasi Verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata secara lisan maupun tulisan. Komunikasi verbal lebih sering digunakan untuk menyampaikan informasi gagasan, fakta, ide, saling berdebat, bertukar perasaan.

Unsur-unsur dalam komunikasi verbal meliputi adanya suatu kata yang dapat mewakili suatu makna keadaan untuk disampaikan kepada individu lain. Menggunakan Bahasa yang memungkinkan untuk memberi suatu makna yang disampaikan secara lisan maupun tulisan.

Komunikasi Non Verbal adalah komunikasi yang menggunakan kode isyarat atau kode verbal bukan suatu kata-kata yang bertujuan untuk mengetahui suatu emosional seseorang, isyarat Non Verbal tidak mudah untuk diartikan seperti komunikasi verbal karena kita harus mengetahui isyarat yang dimaksud sesuai kebiasaan atau adat seseorang.

Contoh Komunikasi Non Verbal adalah seperti sentuhan yang berlangsung dengan indra kulit yang dapat menerima dan membedakan emosi sesuai seseorang ketika menyentuhnya. Selanjutnya yaitu Gesture yang disampaikan sesuai tubuh yang digunakan seperti ketika bilang "IYA" dengan menggangukan kepala.


Pengertian Proses Komunikasi 

Apa itu Porses Komunikasi ? Proses Komunikasi adalah alur berjalannya suatu komunikasi antara individu atau kelompok, yang terdiri dari komunikator sebagai penyampai pesan dan komunikan sebagai penerima pesan, sehingga dapat terciptanya suatu makna yang dimengerti oleh komunikator dan komunikan.

Proses Komunikasi Menurut Ahli

Proses Komunikasi Menurut (Kennedy dan Soemanagara, 2006: 4) : Yaitu suatu proses sosial yang terjadi antara individu paling sedikit dua orang dimana seseorang menyampaikan berupa simbol tertentu kepada lawan bicaranya.

Proses Komunikasi Menurut (Effendy, 2000:31) dapat ditinjau dalam dua perspektif psikologi & mekanistis : 
  • Proses Komunikasi Perspektif Psikologiyaitu terjadi dalam diri seorang komunikator dan komunikan. Pada saat seorang komunikator berniat untuk menyampaikan informasi pesan kepada komunikan,  maka pada dirinya terjadi suatu proses komunikasi. Proses ini mengenai suatu isi pesan yang umumnya adalah suatu pikiran, menggunakan suatu lambang yaitu bahasa yang digunakan. Seperti seseorang yang sedang berbicara menggunakan Bahasa Indonesia dan lawan bicaranya mengerti informasi yang disampaikannya.

  • Proses Komunikasi Perspektif Mekanistis : yaitu berlangsung ketika seorang komunikan melemparkan komunikasi dengan bibir, lisan atau tangan kepada komunikan supaya dapat dimengerti informasi yang disampaikannya.  Komunikan dapat menangkap informasinya dengan indera telinga, indera mata atau indera-indera lainnya. Contohnya yaitu ketika seorang calon bupati menyampaikan kampanye kepada pendukungnya yang menggunakan lisan, tangan, mimik muka serta gestur tubuh yang ikut.
        

Unsur-Unsur Komunikasi

  1. Komunikator, Seseorang yang bertindak pengirim pesan pada suatu porses komunikasi. Atau dapat diartikan komunikator adalah seseorang yang memulai suatu percakapan untuk menjadi sumber dalam proses komunikasi, dengan kata lain yaitu sebagai orang pembicara.

  2. Komunikan, Seseorang yang bertindak sebagai pendengar informasi dari komunikator, atau dapat disebut dengan orang yang mendengarkan.

  3. Pesan, yaitu suatu kata baik lisan atau tulisan yang dikirimkan dari komunikator kepada komunikan. Pesan menjadi inti pada setiap proses komunikasi.

  4. Feedback, Isyarat atau tanggapan yang berisi suatu jawaban atau kesan dari komunikan dalam bentuk verbal maupun Non Verbal. Feedbak berdampak pada pesan yang disampaikan apakah komunikator dapat memahami isi pesan dengan baik dan benar.

  5. Response, Suatu tanggapan reaksi dari komunikan setelah mendapatkan suatu pesan dari komunikator.

  6. Noise, Gangguan pada saat proses komunikasi biasanya pada komunikan ketika menerima pesan karena ada gangguan lingkungan seperti berisik, pesan verbal yang tidak dapat dipahami maknanya, sehingga makna pesan yang berbeda makna atau isi dari komunikator.

Komponen Dasar Proses Komunikasi

  1. Pengirim Pesan (Sender) dan Isi Pesan, Orang yang berinisiatif untuk menyampaikan suatu pesan kepada seseorang dengan harapan maknanya dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan. Pesan adalah informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan.

  2. Mengartikan Isyarat, Setelah pesan diterima oleh penerima pesan melalu indera (telinga, mata, tangan, mimik wajah) maka penerima pesan harus dapat menyimpulkan Isyarat dari pesan sehingga dapat dimengerti.

  3. Media Penghubung, alat perantara yang digunakan untuk penyampaian pesan seperti : Radio, Telepon, Surat Kabar, Papan Pengumuman dll.

  4. Noise, Suatu kondisi dimana isi pesan tidak dapat dimengerti oleh penerima pesan, mulai dari keadaan lingkungan, sinyal telepon yang kurang baik dan lainnya.

  5. Penerima Pesan, Orang yang menerima pesan lalu dapat disimpulkan menjadi informasi yang dapat dipahami.

Posting Komentar untuk "Pengertian Komunikasi, Proses Komunikasi & Komponen Proses Komunikasi, "