Teori Johari Window | 4 kuadran beserta contohnya. - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Johari Window | 4 kuadran beserta contohnya.

Teori Johari Window menurut para ahli


Johari Window menjelaskan mengenai tentang ada empat jendela dalam diri manusia bertujuan untuk melihat potensi, skill, kepribadian, kemampuan yang berkaitan dengan perilaku, perasaan pada diri kita. Teknik johari window ditemukan pada tahun 1995 oleh Psikolog asal Amerika Joseph Luft dan Harrington Ingham, yang berguna untuk memahami diri sendiri sebagai makhluk yang sosial.

Teori Johari Window ada 4 Kuadran yang terdiri dari Diri terbuka (Open Self), Diri Buta (Blind Self),  Diri Tersembunyi (Hidden Self) dan Diri tak dikenal (Unkown Self). Joseph Luft dan Harrington Ingham mengembangkan konsep johari dengan digambarkan seperti jendela, untuk melakukan latihan peserta diberi beberapa pertanyaan kata sifat lalu pilih yang merasa menggambarkan kepribadiannya.

Tes Johari Window biasanya dilakukan oleh perusahaan ketika akan proses rekrutmen untuk memahami kepribadian calon pekerja serta bagaimana menjalani hubungan dengan orang lain. Keempat Teori Johari Window dijelaskan sebagai berikut:

Kuadran I Diri Terbuka atau Open Self

Pada Johari window pertama yaitu Diri terbuka atau bisa dikenal juga sebagai "daerah bebas aktivitas"  yang berkaitan dengan diri pribadi atau perilaku personal seperti, kebiasaan, perasaan, emosi, perilaku, pengetahuan, keahlian, pengalaman, pandangan dan hal yang mengenai diri sendiri.

kemudian ditetapkan sebagai person (the self/diri) karena apa yang di lihat orang lain kepada diri kita sendiri seperti apa, dan menunjukan seperti apakah diri kita ketika berhubungan dengan orang lain. Open Self sangat mudah dilihat oleh diri kita sendiri.

Kuadran II Diri Buta atau Blind Self

Johari Blind Self yaitu ketika diri sendiri tidak menyadari potensi sedangkan orang lain yang sudah lama dekat sudah tahu potensi kita seperti apa. Setelah mendapatkan feedback dari orang lain tentang diri kita seharusnya bisa mengurangi Blind Self lalu memperluas Open Self.

Seseorang yang Blind spot biasanya sering mengikuti kompetisi pencarian bakat atau orang yang baru terjun akan hal tertentu, setelah mendapatkan dukungan dari teman bahwa diri kita memiliki potensi yang kuat akan hal tertentu, dan kita masih tidak percaya terhadap diri sendiri maka akhirnya bisa untuk terjun langsung dengan percaya diri.

Kuadran III Diri Tersembunyi Hidden Self

Hidden Self yaitu suatu kepribadian yang mencakup tentang rahasia, ketakutan, sensitivitas, agenda yang tersembunyi serta hal-hal yang diketahui oleh orang tertentu tapi enggan untuk diceritakan karena berbagai alasan tertentu.

Setiap orang pasti memiliki sisi Hidden Self dan enggan untuk diceritakan kepada teman bahkan keluarganya, mungkin karena adanya trauma, pengalaman yang sangat menyakitkan bahkan aib diri sendiri. Beda apabila seseorang ketika cerita lalu menjelaskan bahwa itu rahasia dan jangan di bilang sama orang lain itu hanya untuk mewanti-wanti kepercayaan lawan bicaranya untuk tidak disebarkan.

Kuadran IV Diri Tak Dikenal atau Unkown Self

Kuadran yang terakhir Unkown Self ini mengandung informasi, pengalaman, perasaan, kemampuan laten dan hal-hal yang sama sekali tidak diketahui oleh diri sendiri atau bahkan orang lain. Ini mungkin karena orang lain tidak terlalu mengenal, dan karena ketidak tahuan akan karakteristif diri sendiri

Unkown Self biasanya ketika kita sedang bingung akan tujuan hidup yang akan dicapai tanpa mengetahui potensi, kemampuan diri sendiri, lalu orang sekitar kita juga bingung akan hal potensi dan kemampuan yang dimiliki mungkin karena tidak seringnya kita belajar atau bergaul dengan orang lain.


Posting Komentar untuk "Teori Johari Window | 4 kuadran beserta contohnya."