Apa Itu Integrasi Nasional | Proses Terjadinya, Ancaman, dan Faktor yang Mempengaruhi Integrasi Nasional - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Integrasi Nasional | Proses Terjadinya, Ancaman, dan Faktor yang Mempengaruhi Integrasi Nasional

apa yang dimaksud dengan integrasi nasional


Suatu bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatua diperlukan adanya suatu integrasi nasional.

Apakah kalian tahu apa itu Integrasi nasional?

Apa itu Integrasi Nasional?

Integrasi nasional yang berasal dari dua kata, yaitu Integrasi yang berasal dari Bahasa Inggris (integrate) yang memiliki makna mempersatukan atau menggabungkan suatu perbedaan-perbedaan yang ada dalam suatu negara dari berbagai kelompok, sosial dan budaya sehingga membentuk suatu keselarasan secara nasional.

Secara antropologi integrasi nasional berarti menyesuaikan unsur kebudayaan yang berbeda-beda sehingga menjadi suatu kesatuaan. Seperti kita ketahui Indonesia adalah negara yang memiliki budaya yang besar, itu menjadi dampak positif besar bagi Negara Indonesia karena kita bisa mengelola budaya-budaya untuk kesejahteraan masyarakat. Namun budaya yang besar juga akan menimbulkan masalah baru, karena akan menghasilkan suatu karakter masyarakat yang berbeda-beda yang dapat menjadi kesalah pahaman antara budaya yang akan mengancam keutuhan bangsa Indonesia.

Perbedaan antara budaya antara lain ras, etnis, bahasa, sosial budaya, agama maupun ekonomi.

Pentingnya Integrasi Nasional Untuk Negara Indonesia

Integrasi Nasional merupakan salah satu cara untuk mempersatukan dari berbagai budaya yang melimpah di Indonesia, langkah integrasi dapat menjadi suatu langkah yang baik untuk mempersatukan yang awalnya terpisah menjadi suatu kesatuan yang utuh dan akan berdampak positif bagi bangsa Indonesia.

Integrasi Nasional sangat penting untuk diwujudkan di suatu negara yang berkembang salah satunya yaitu Indonesia yang dapat dikatakan negara yang sedang mencari jati dirinya. Upaya yang menghalangi adanya Integrasi Nasional adalah pengaruh dari globalisasi yang masuk ke Indonesia karena masyarakat akan senang memilih suatu trend yang terbaru dan terlihat keren.

Selain tidak baiknya pengaruh globalisasi bagi upaya terwujudnya integrasi nasional, masyarakat Indonesia sendiri juga bertanggung jawab sehingga yang sering terjadi saat ini yaitu konflik antara kelompok yang berbeda, suku dan yang paling disayangkan adalah konflik antara agama salah satunya pembakaran tempat ibadah dan rasis di media sosial. Konflik pertengkaran itulah yang menjadi pemicu susah diwujudkannya integrasi nasional.

Kita selaku masyarakat Indonesia harus memiliki rasa toleransi yang tinggi yang membuat kita saling menghargai dan mengakui adanya perbedaan antara budaya di Indonesia, sehingga tidak terjadinya konflik pertengkaran yang merugikan Negara Indonesia. Sehingga upaya saling toleransi akan menimbulkan suatu Integrasi Nasional di Negara Indonesia.

Proses Terjadinya Integrasi Nasional di Indonesia

Tercapainya suatu cita-cita Integrasi Nasional dibutuhkan proses yang sangat panjang dan matang sehingga integrasi tersebut tidak mudah terpecah belah oleh kesalah pahaman, ancaman dari berbagai pihak dalam atau luar negeri.

Terjadinya proses Integrasi di Indonesia yaitu adanya rasa senasib dan kesusahan rakyat Indonesia sejak jaman penjajahan. Semangat para pejuang dari berbagai daerah di Indonesia yang berbeda Suku dan budaya telah mencerminkan adanya kesatuan dan keutuhan dalam bangsa Indonesia.

Pada abad ke 20, semangat para pejuang dari berbagai organisasi yang berbeda untuk melawan penjajah membuat salah satu titik kebangkitan nasional. Seperti Organisasi Budi Utomo, Serikat dagang Islam dan lainnya mencerminkan adanya Integrasi Nasional. Pada 28 Oktober 1928 para pemuda membuat suatu peristiwa sejarah yang dikenal sebagai sumpah pemuda dengan tujuan mempersatukan kesatuan Bangsa Indonesia yang merdeka.

Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

Indonesia adalah negara yang diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia,  serta berada di dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia karena berada di tenga-tengan dunia dan dilewati garis khatulistiwa.

Ancaman terhadap Integrasi Nasional di Indonesia bukan dari dalam negeri saja, maupun dari luar negeri karena Indonesia berada di Posisi silang yang strategis. Ancaman dari Militer dalam Negeri seperti Makar, upaya untuk mengganti ideologi Pancasila dan adanya gerakan separatis, untuk ancaman dari militer luar Negeri seperti pelanggaran batas negara, agresi militer, Invasi dari negara lain, blokade dan acaman lainnya.

Ancaman Non Militer lebih ke ancaman terhadap politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya dan kemanan Negara.

Faktor yang Mempengaruhi Integrasi Nasional

Faktor pendorong Integrasi nasional yaitu yang mempengaruhi kemajuan suatu proses yang dilakukan oleh tindakan seseorang maupun golongan kelompok. faktor yang mendorong terjadinya Integrasi Nasional adalah:

  1. Adanya rasa yang senasib dan seperjuangan akibat dari adanya sejarah kelam di masa sebelumnya, terutama pada zaman Indonesia di jajah lalu para pejuang bersatu untuk melawan para penjajah.

  2. Adanya Ideologi nasional untuk menjadi pedoman kehidupan masyarakat Indonesia dalam aktivitas sehari-hari yaitu Ideologi Pancasila. Makna nilai-nilai Pancasila diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan Integrasi Nasional.

  3. Adanya ancaman dari luar sehingga rakyat Indonesia mulai muncul kembali semangat nasionalisme untuk mempertahankan Bangsa Indonesia.

Faktor Pendukung Integrasi Nasional

  1. Menggunakan suatu lambang Bahasa yang satu yaitu Bahasa Indonesia.

  2. Semangat dalam diri rakyat indonesia akan persatuan serta kesatuan, sehingga dapat menjalin rasa kekeluargaan, sikap saling tolong-menolong dan toleransi antara semua orang.





Posting Komentar untuk "Apa Itu Integrasi Nasional | Proses Terjadinya, Ancaman, dan Faktor yang Mempengaruhi Integrasi Nasional"