Contoh Membuat Kata Pengantar Karya Ilmiah Terbaru Beserta Contohnya : Skripsi Tesis dan Disertasi - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Membuat Kata Pengantar Karya Ilmiah Terbaru Beserta Contohnya : Skripsi Tesis dan Disertasi

CONTOH KATA PENGANTAR SKRIPSI TERBARU 2021


Menulis kata pengantar yang baik dan benar sesuai ketentuan yang ada memanglah tidak mudah. Apalagi kita yang baru saja pertama kali membuat suatu karya ilmiah, pasti sangat bingung apa saja dan siapa saja yang harus dituliskan pada kata pengantar yang akan dibuat, tidak adanya ketentuan membuat suatu kata pengantar dari instansi kampus akan semakin bingung lagi apa yang harus dituliskan.

Ketika kita membuat suatu karya ilmiah mau itu Skripsi, Tesis atau Disertasi pasti kita harus mencantumkan kata pengantar sebelum daftar isi, untuk mengungkapkan rasa ucapan terima kasih dan syukur penulis kepada yang telah membantu menyelesaikan karya ilmiahnya. Kata pengantar makalah dan karya ilmiah sangat berbeda, kata pengantar karya ilmiah harus lebih tersusun dan sistematis.

Pada dokumen karya ilmiah yang menuliskan rasa ucapan terima kasih bukan hanya pada kata pengantar ada juga lembar pengesahan untuk mengungkapkan rasa terima kasih. Perbedaan kata pengantar dan lembar pengesahan yaitu untuk ucapan terima kasih pada kata pengantar lebih formal dan struktural seperti terima kasih kepada Rektor, Dekan, Kaprodi, Pembimbing dll, dan urutannya harus benar sesuai panduan yang ada. Nah untuk lembar pengesahan yaitu ucapan terima kasih yang informal seperti terima kasih kepada kedua orang tua, kerabat, teman yang telah membantu ketika proses pembuatan karya ilmiah. 


Pengertian Kata Pengantar

Kata Pengantar adalah suatu ungkapan rasa bersyukur dan terima kasih penulis karena telah selesai menulis karya ilmiah, terletak dibagian awal halaman dan sebelum daftar isi. Kata pengantar ditulis biasanya setelah isi laporan karya ilmiah selesai, untuk mengucapkan syukur dan terima kasih kepada yang telah membantu penulis. Selain itu biasanya pada kata pengantar penulis akan mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk menyempurnakan karya ilmiahnya.

Cara Membuat Kata Pengantar

Pada halaman Kata Pengantar dalam sebuah karya tulis umumnya dibuat menjadi satu atau dua halaman tergantung aturan instansi yang berlaku, maka ketika kita melakukan penyusunan kata pengantar harus ditulis dengan tidak bertele-tele dan harus inti apa yang akan disampaikan yang dapat dimengerti oleh penulis dan pembaca.

Sebelum membuat kata pengantar karya ilmiah kita harus mengetahui strukturnya terlebih dahulu, seperti apabila kita akan membuat kata pengantar karya ilmiah skripsi kita harus bertanya terlebih dahulu kepada dosen pembimbing panduannya, biasanya di setiap kampus ada panduan untuk membuat dokumen skripsi lengkap, barulah kita susun apa saja yang akan ditulis di kata pengantar. Adapun pada umumnya point-point yang harus di perhatikan sebagai berikut:

Pembukaan

Bagian pembukaan pada kata pengantar pada paragraf pertama yaitu puji dan ucapan syukur kepada Allah SWT serta ucapan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW (untuk yang beragama muslim) karena penulis telah diberikan kesehatan dan kelancaran sehingga karya ilmiah telah selesai dibuat. Jelaskan secara singkat pihak yang telah membantu ketika proses karya ilmiah dibuat. 

Penyampaian ISI

Jelaskan secara singkat tujuan dibuatnya karya ilmiah, dan sedikit inti atau judul yang karya ilmiah. Lalu sampaikan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang membantu proses pembuatan karya ilmiah tersebut yang formal dan terstruktur, lihat panduan pembuatan kata pengantar urutan yang harus ditulis seperti Rektor, Dekan, Kaprodi, Pembimbing, Penguji. 

Nah apabila kita memiliki dua pembimbing tuliskan secara satu-persatu dalam beda nomor jangan disatu nomorkan, lalu ungkapan syukur dan kesan-kesan ketika proses bimbingan dan ucapan terima kasih. Ucapkan secara singkat terima kasih kepada berbagai pihak formal yang membantu pada proses skripsi seperti pihak perusahaan, dinas dsb. Bila anda menerima beasiswa formal ucapkan juga ungkapan terima kasih kepada instansi atau lembaganya.

Apabila kita ada bantuan dari pacar, suami atau istri, jangan ungkapkan pada kata pengantar skripsi untuk pacar, suami atau istri secara tertulis di dokumen, alangkah baiknya ucapkan saja secara langsung. Yang ditakutkan nanti ketika penguji membaca kata pengantar akan ditanya yang seputaran ungkapan terima kasih kepada pacar, suami atau istri.

Penutup

Untuk isi dari bagian penutup penulis adalah permohonan maaf serta menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca atau penguji karya ilmiah, sehingga penulis dapat memperbaiki karya ilmiahnya menjadi lebih baik lagi. Tuliskan Tanggal, bulan, tahun dan kota ketika penulis menyelesaikan karya ilmiah yang dibuat.

Contoh Kata Pengantar


KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamiin, segala puji dan syukur penulis panjatkan 

atas kehadirat Allah SWT, karena atas berkah, rahmat, taufik dan hidayan-Nya 

yang telah dilimpahkan, Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah 

curahkan kepada Nabi Muhammad SAW sehingga penulis dapat 

menyelesaikan laporan tugas akhir (Skripsi) ini yang berjudul "Tuliskan judul Karya ilmiah".


Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memenuhi salah 

satu syarat dalam menyelesaikan studi jenjang Strata Satu di Fakultas Teknik 

dan Ilmu Komputer Program Studi Teknik Infomatika Universitas XYZ.


Penulis menyadari bahwasannya dalam proses penulisan skripsi ini 

banyak menemui kendala, namun berkat rahmat dari Allah SWT dan juga 

bantuan, bimbingan serta kerjasama dari berbagai pihak sehingga kendala –

kendala tersebut dapat teratasi. Penulis juga ingin menyampaikan terima kasih 

kepada:


1. Allah SWT yang telah memberikan rahmat, karunia, umur panjang, 

kelancaran dan kesehatan ditengah pandemi Covid-19 serta memberikan 

segala kenikamatan yang tidak dapat diukur oleh apapun dalam 

menyelesaikan penelitian tugas akhir ini.

2. Kedua orang tua, adik-adik, saudara, teman 

yang selalu mendoakan dan dukungan terbaik untuk mencapai titik ini.

3. Dosen pembimbing tugas akhir ibu Nama Dosen yang  telah memberikan bimbingan, masukan dan ilmu sehingga menyusun tugas akhir ini dapat terselesaikan dengan baik.

4. Nama Dekan selaku Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

5. Bapak Nama Wali Dosen. selaku dosen wali kelas XX

2016.

6. Ibu Nama Dosen selaku dosen penguji 1 yang 

telah memberikan kritik dan saran dalam penyusunan skripsi ini.

7. Seluruh dosen dan staf Teknik Informatika, Universitas XYZ

yang sudah banyak membantu penulis selama menempuh studi di Program 

Studi Teknik Informatika, Universitas XYZ.

8. Direktur Pihak perusahaan Nama Perusahaan dan Nama Owner (atau sesuaikan yang membimbing di perusahaan) yang telah mengizinkan penulis untuk melakukan penelitian.

Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun diharapkan demi kesempurnaan makalah ini.


Bandung 28 Agustus 2021

Penulis


Kesimpulan

Kata pengantar adalah suatu ungkapan syukur dan terima kasih penulis karya ilmiah karna telah menyelesaikan karyanya. Terdapat 3 struktur yaitu Pembuka, Penyampaian Isi dan Penutup. Setiap instansi kampus Format kata pengantar biasanya berbeda penulisan. Jangan sepelekan penulisan kata pengantar karena itu adalah ungkapan atau ekspresi perasaan kita ketika menyelesaikan karya ilmiah. 


Posting Komentar untuk "Contoh Membuat Kata Pengantar Karya Ilmiah Terbaru Beserta Contohnya : Skripsi Tesis dan Disertasi "