Kenali Perbedaan CV dengan Portofolio, dan Cara Membuat CV - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Perbedaan CV dengan Portofolio, dan Cara Membuat CV



Curriculum Vitae

Apa itu CV? CV yang merupakan singkatan dari Curriculum Vitae yang berisikan rincian gambar tentang diri kita selaku pelamar, mulai dari pengalaman kerja, kualifikasi, dan prestasi yang pernah kita raih mulai dari prestasi akademis maupun prestasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Curriculum Vitae harus berisi informasi berupa identitas pribadi, Pengalaman profesional, keterempilan, prestasi, latar belakang pendidikan, riwayat hidup dan mencantumkan foto diri sendiri.

Portofolio 

Portofolio merupakan sebuah kumpulan dokumen dan tulisan yang terstruktur rapih dan menarik hasil karya atau aktivitas pribadi, kelompok bahkan perusahaan. Di dalam portofolio dapat berisikan perkembangan karya yang telah diraih sehingga membuat orang lain tertarik kepada kita untuk memakai jasa atau ketika melamar pekerjaan.

Perbedaan CV dan Portofolio

Curriculum Vitae

  • CV menjelaskan terkait identitas pribadi yang mendasar, seperti pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman bekerja, tanggal lahir hingga kemampuan professional.
  • CV dapat membuktikan terkait data pribadi dan data khusus dalam diri sendiri.
  • CV harus berisikan informasi yang dirangkum secara lengkap, namun diringkas secara jelas dan dapat dimengerti.
  • CV dapat digunakan berkali-kali untuk melamar kerja ke beberapa perusahaan, karena isi pada CV berupa informasi dasar.

Portofolio

  • Portofolio menunjukan hasil karya yang telah dibuat, dan menunjukan potensi diri untuk berkembang sesuai bidang tertentu.
  • Portofolio membuktikan keterampilan dan kemampuan dengan hasil karya yang telah dibuat.
  • Portofolio harus menunjukan karakter, talenta dan kekuatan pribadi dari lembaran yang akan disusun.
  • Ketika melamar kerja portofolio harus relevan terhadap posisi yang akan dilamar.

Perbedaan CV Formal dan CV Kreatif

CV Formal

CV Formal memiliki tampilan tanpa sentuhan desain yang menarik. Tipe CV ini bisa dibilang yang paling formal, karena tidak menunjukan seberapa kreatif kita ketika membuat suatu CV, dan tidak menggunakan kombinasi warna biasanya hanya menggunakan latar belakang putih dan menggunakan warna font hitam.

Tipe CV ini biasanya di simpan menggunakan format document pada Microsoft Word. Font yang digunakan relatif standar dan tidak aneh-aneh, dan biasanya juga CV ini di tulis tangan pada kertas Folio. Kelebihan dari CV Formal yaitu isinya jelas sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca atau rekruter.

CV Kreatif

CV Kreatif memiliki tampilan yang relatif lebih menarik, selain informasi yang disampaikannya penting sentuhan desain juga akan membuat rekruter lebih menarik perhatian dan dapat menjadi nilai tambah. 

Kamu harus memperhatikan beberapa hal supaya CV yang kamu buat tidak menyulitkan rekruter ketika membaca. Pastikan informasi pada CV harus lengkap dan jelas, perhatikan juga kombinasi warna dan pemilihan font. CV kreatif biasanya digunakan oleh fresh graduates dan pelamar pekerjaan kreatif.

CV kreatif cocok untuk lamaran kerja ke sebuah startup, sebuah agency, maupun perusahaan lainnya yang memiliki kultur lebih dinamis dibanding perusahaan yang formal dan tidak di bidang kreatif.

Dasar - Dasar Membuat CV

  • Selalu Cantumkan Identitas Diri yang lengkap untuk memberikan gambaran tentang diri pribadi.
  • Cantumkan Jenjang Pendidikan yang jelas urutkan dari pendidikan terkecil hingga terbesar.
  • Cantumkan Keterampilan Pencapaian yang telah dicapai sesuai pekerjaan yang sedang dilamar.
  • Cantumkan Pengalaman Kerja dan Pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Buat CV dengan desain yang unik mulai dari kombinasi warna, Font, Layout dan sebagainya.

Hal Yang Perlu di Cantumkan Dalam CV

  • Sertakan Pengalaman kerja dan kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar.
  • Fokus pada kualitas untuk daftar pendapaian bukan kuantitas. Disarankan jangan mencantumkan lomba yang pernah dimenangkan, Cantumkan pencapaian yang menunjukan kesuksesan sesuai bidang pekerjaan yang dilamar, serta cantumkan yang berkaitan dengan keorganisasian.
  • Buat CV jangan lebih dari dua halaman, dan informasi inti yang profesional tentang diri kita. Apabila memiliki segudang pengalaman untuk mencantumkan anda bisa menggunakan lebih dari dua halaman.
  • Apabila melamar melalui email, perhatikan subjek yang dicantumkan jelas. File attachment juga harus jelas, contoh "lampiran CV".

Hal Yang Tidak Perlu Dicantumkan Dalam CV

  • Jangan sampai menyombongkan diri pada informasi CV, apalagi sampai memberikan informasi palsu. Tulis sesuai kemampuan yang dimiliki.
  • Jangan mencantumkan Foto pada CV yang diambil dari Telepon pribadi yang tidak profesional. Dan tidak berpakaian rapi ketika di foto.
  • Untuk desain CV jangan terlihat berlebihan, seperti menambahkan bingkai, gambar yang tidak sesuai, font color yang berlebihan. Buatlah desain CV yang elegan dan simple.
  • Perhatikan setiap kata yang ditulis, jangan ada yang sampai salah ketik atau kurang huruf pada kata, dari sini HRD dapat melihat pelamar orang yang ceroboh atau tidak benar benar ketika bekerja.





 


 

Posting Komentar untuk "Kenali Perbedaan CV dengan Portofolio, dan Cara Membuat CV"