Apa Itu Resume | Template dan Contoh Resume Lamaran Kerja - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Resume | Template dan Contoh Resume Lamaran Kerja

cara membuat resume


Apa Yang Dimaksud Dengan Resume

Apa itu Resume?. Resume adalah sebuah ringkasan intisari dari sebuah tulisan panjang atau buku yang diambil menjadi lebih singkat dan jelas. Resume sangat efisien untuk menerangkan suatu buku kepada orang lain secara ringkas dan jelas.

Kata resume pula digunakan pada dunia pekerjaan, yaitu informasi tentang riwayat hidup pelamar yang berisi mengenai point terpenting pengalaman hidup sesuai dengan bidang pekerjaan yang dituju, termasuk pendidikan dan pengalaman berorganisasi. Tujuannya yaitu untuk melihat kompetensi seseorang secaravpadat, ringkas dan jelas.

Beberapa lowongan kerja terkadang hanya perlu resume atau CV saja, untuk kualifikasi kerja atau ada juga yang membutuhkan keduanya.

Format CV dan resume berbeda kamu harus paham cara membuat salah satunya,  resume berisi informasi yang cenderung lebih pendek hanya membutuhkan satu halaman saja, berisi riwayat hidup pekerjaan yang sesuai bidang yang dituju. Untuk CV anda bisa baca disini,

Langkah membuat resume lamaran kerja

Resume lamaran kerja bertujuan untuk pelamar melakukan permohonan bergabung kedalam perusahaan sesuai bidang yang dituju, untuk itu kamu harus perhatikan isi informasi, cara menulis dan point-point yang dituliskan.

Pihak yang mengecek resume kamu yaitu HRD (Human Reseach Development), disitu resume kamu akan diseleksi seluruh para pelamar kerja apabila nanti sesuai kualifikasi maka pihak HRD akan melakukan interview, oleh karena itu resume yang kamu buat harus dikerjakan dengan baik dan sebenar-benarnya.

Nah, untuk langkah membuat resume lamaran kerja yang baik, kamu harus simak point-point berikut:

  • Teratur

    Pada point ini menjadi kunci yang paling utama, karena first impression HRD kepada para pelamar kerja salah satunya di kerapian resume, kamu akan dinilai dari kerapian, kedisiplinan pada kerapian. Kertas resume tidak kucel dan coretan yang tidak jelas, kertasnya bersih dan bagus, dan bentuk font harus konsisten dan dapat dengan mudah dibaca.

  • Sederhana

    Penulisan kalimat dan setiap kata pada resume menggunakan bahasa yang baku, jelas, ringkas dan sesuai KBBI. Desain resume cukup sederhana dan menarik sehingga HRD dapat dengan mudah dan nyaman ketika membaca resume kamu.

  • Kejujuran

    Informasi yang dituliskan harus sebenar-benarnya, karena biasanya para HRD lulusan psikologi serta pengalaman beberapa kali melakukan interview, HRD bakal mengetahui apabila pelamar berbohong, dan yang paling dikhwatirkan adalah ditest langsung sesuai apa yang ada diresume kamu. Lebih baik jujur saja sesuai kemampuan dari pada berbohong ketika ditest malah bingung.

Resume Template

Template resume ditulis secara teratur dan benar, point-point template resume sebagai berikut:

       1. Tanggal dan Tempat Penulisan
        2. Nama dan Alamat Perusahaan
        3. Salam Pembuka
        4. Kata pembuka/pengantar yang baik
        5. Isi Biodata diri
        6. Cantumkan pengalaman kerja, keterampilan, penghargaan yang dimiliki.
        7. Penutup dan salam.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Resume maker dapat digunakan untuk membuat resume secara online dan mudah. Contoh singkat resume lamaran kerja sebagai berikut:


Bandung, 17 September 2021

Kepada Yth.
HRD PT. Despara Jaya Indonesia
di tempat.

Salam Hormat,

Saya selaku pelamar kerja yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                             : Asep Saepulloh
Tempat & Tanggal Lahir : Bandung, 19 Januari 1995
Alamat                            : Jl. Bandung
Nomor Telepon               : 08123456789
Pendidikan                      : 2000 - 2006 SD 1 Bandung

                                     2006 - 2009 SMP 1 Bandung

Pengalaman Bekerja : Perangkai bunga di Aghnia Florist Bandung, Videografer di                                        Wedding Organizer Aghnia.

Keterampilan : Mengelola Wordpress
                          Adobe Photoshop
                          Adobe After Effect

Pencapaian dan Penghargaan:

Juara Kontes videografi di PT. xyz

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan, demikian yang dapat saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Asep Saefulloh


Posting Komentar untuk "Apa Itu Resume | Template dan Contoh Resume Lamaran Kerja"