Teks Diskusi | Pengertian, Struktur dan Jenis - Jenis Teks Diskusi - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Diskusi | Pengertian, Struktur dan Jenis - Jenis Teks Diskusi

apa tujuan dari teks diskusi


Apakah kalian pernah melakukan suatu diskusi bersama teman, kerabat atau teman satu kelas ketika membahas suatu isu yang sedang viral. Tapi apakah kalian mengetahui apa pengertian dari Teks diskusi?.

Teks Diskusi

Apa pengertian teks diskusi? Teks diskusi adalah sebuah teks yang berisi tentang isu suatu permasalahan yang memiliki isi argumen kontra dan argumen pendukung.

Kata diskusi berasal dari bahasa latin yaitu discussio, discussum dan discussi yang memiliki arti membahas, memperbincangkan dan memeriksa. Sedangkan dalam bahasa Indonesia diskusi adalah suatu perbincangan antara dua orang atau kelompok untuk memperbincangkan suatu isu masalah sehingga dapat mencapai tujuannya. Untuk perbincangan lebih terarah dan tidak membahas kemana saja maka dibuatlah suatu teks diskusi yang dijadikan dalam bahan diskusi.

Kegiatan diskusi dilakukan antara lain dua orang atau lebih, puluhan sampai ratusan orang. Diskusi mampu memberikan kita sudut pandang orang lain, pengetahuan dan wawasan yang lebih luas sesuai topik atau isu yang sedang didiskusikan bersama anggota-anggota kelompok diskusi maupun itu secara formal atau informal.

Teks diskusi dapat memecahkan suatu kesalah pahaman permasalahan yang menimbulkan berbeda pendapat karena hanya menilai dari salah satu sudut pandang saja tanpa tidak mau mendengarkan sudut pandang orang lain.

Suatu teks diskusi dapat dijumpai dibeberapa tempat salah satunya ketika sedang rapat OSIS, Desa, rapat perusahaan, rapat pemerintahan dan dapat dijumpai dipermasalahan kontroversial di kalangan masyarakat kampung dan kota.

Struktur Teks Diskusi

Pada suatu teks diskusi memiliki 4 struktur, jadi ketika adanya suatu diskusi pasti ada point-point ini sehingga diskusi berjalan secara lancar dan tujuan yang diharapkan menjadi tercapai.

Isu Permasalah

Sebelum dimulai diskusi salah satu orang atau moderator menjelaskan suatu pokok permasalahan yang sedang terjadi dan akan didiskusikan secara bersama-sama.

Argumen Kontra ( tidak mendukung )

Setelah menyimak isu permasalahan lalu kelompok kontra akan menyimpulkan dan memaparkan pendapat kenapa kontra terhadap masalah yang didiskusikan, beserta alasan dan bukti data (apabila ada) secara jelas kepada seluruh anggota diskusi.

Argumen Pro (mendukung)

Setelah menyimpulkan intisari masalah, kelompok yang pro akan memaparkan pendapat kenapa mendukung terhadap yang sedang didiskusikan, beserta alasan dan bukti (apabila ada) untuk mendukung pendapat yang disampaikan.

Kesimpulan

Setelah menjelaskan isu permasalahan, dan para anggota diskusi yang pro maupun kontra menyampaikan pendapatnya masing-masing maka disimpulkanlah hasil diskusi yang didapat, untuk memberikan rekomendasi solusi jalan tengah antara kedua kelompok sehingga tidak adanya salah paham.

Tujuan adanya Teks Diskusi

Teks diskusi adalah suatu teks untuk mencari kesepahaman pendapat atau solusi jalan tengah terhadap kesalahpahaman antara individu pada permasalahan yang sedang terjadi. Melihat informasi data dari sudut pandang berbeda lalu dapat diuji pendapatnya secara bersama-sama.

Jenis - Jenis Teks Diskusi

Kongres yaitu pertemuan antara para wakil organisasi sosial, politi dan sebagainya, untuk mendiskusikan suatu permasalahan sehingga dapat diambil keputusan secara bersama

Seminar yaitu pertemuan atau persidangan yang didasari oleh pengajar akademis untuk membahas suatu permasalahan dan diawasi oleh pimpinan ahli sesuai permasalahan sehingga dapat menemukan jalan pemecahan masalah.

Muktamar yaitu pertemuan atau permusyawaratan besar antara wakil organisasi untuk mendiskusikan suatu permasalahan dan mengambil keputusan secara bersama, yang biasanya umum dikenal di kalangan agama Islam.

Posting Komentar untuk "Teks Diskusi | Pengertian, Struktur dan Jenis - Jenis Teks Diskusi"