Kedaulatan Negara | Batas dan Penyebab Hilangnya Kedaulatan Negara - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kedaulatan Negara | Batas dan Penyebab Hilangnya Kedaulatan Negara



Sebagian kita sudah sering mendengar kata kedaulatan Negara? apakah kalian sudah mengetahui apa itu kedaulatan Negara? apabila belum mari kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Kedaulatan Negara

Kedaulatan adalah suatu kekuasaan tertinggi pada satu Negara atau sesuatu kekuasaan yang tidak dalam naungan kekuasaan Negara lain. Istilah kedaulatan dikemukakan ole seorang penulis buku "Six Livres de Republique" yaitu Jean Bodin (1530-1596). Kedaulatan berasal dari Bahasa Arab yaitu Daulat yang memiliki arti kekuasaan atau dinasti.

Kedaulatan merupakan suatu kekuasaan yang tertinggi dimiliki oleh satu Negara secara bebas melakukan kepentingan negaranya yang tidak bertentangan dengan hukum internasional, dan secara politik kekuasaan negara merupakan merdeka dari kekuasaan negara lain baik secara de jure atau de facto.

Batas Wilayah Kedaulatan Negara

Dalam hukum internasional, konsep kedaulatan adalah suatu kekuasaan pemerintahan yang memilik hak penuh atas Negaranya sendiri sesuai batas teritorial geografisnya yang diakui secara mekanisme hukum internasional. Untuk melindungi kedaulatan Negara dibuatlah suatu perundang-undangan untuk melindungi Negaranya dari ancaman pihak asing, Perundang-undangan yang dibuat harus berpedoman dengan hukum internasional yang dijadikan standar oleh masyarakat internasional.

Setiap negara di seluruh dunia sudah memiliki batas wilayahnya masing-masing, akan tetapi pelanggaran batas wilayah sering terjadi walaupun itu tidak disengaja atau disengaja untuk tujuan tertentu. 

Setiap negara mempunyai kedaulatan atas laut teritorial yang jaraknya 12 Mil yang memiliki dasar dari ketetapan Konvensi Hukum Laut Tahun 1982 Pasal 2-32, yang berbunyi setiap suatu Negara memiliki batas laut teritorialnya yang tidak lebih dari 12 Mil dari garis pangkal.

Sedangkan untuk wilayah udara, setiap negara mempunyai kedaulatan atas wilayah udaranya sampai yang diperlukan untuk menjaga keamanannya dapat disebut sebagai The Air Sovereignty Theory, penjelasannya yaitu teori yang menyatakan wilayah udara tidak bebas. Setiap Negara memiliki kedaulatan udara yang berada di atas wilayahnya baik secara fisik maupun ilmiah.

Penyebab Hilangnya Kedaulatan Suatu Negara

Beberapa penyebab hancurnya kedaulatan suatu Negara bisa terjadi karena beberapa hal. Dibawah ini yang bukan merupakan penyebab hilangnya kedaulatan suatu negara.

  1. Suatu Negara kalah perang, lalu kekuasaan negara yang kalah dipegang oleh negara yang menang.

  2. Adanya suatu wilayah di Negara yang telah memisahkan wilayahnya dari kesatuan satu Negaranya lalu wilayah yang memisahkan diri menyatakan kemerdekaanya.

  3. Makar atau memberontak oleh Rakyat menolak akan pemerintahan yang sah, karena rakyat adalah komponen yang penting bagi suatu Negara dan memiliki pengaruh besar apabila terjadinya makar bagi Negara.

  4. Intervensi dari pihak asing karena adanya suatu permasalah internal Negara yang sudah lama dan sulit untuk diselesaikan.

  5. Suatu Negara tidak termasuk kedalam keanggotan di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Posting Komentar untuk "Kedaulatan Negara | Batas dan Penyebab Hilangnya Kedaulatan Negara"