Rangkaian Bunga - Kajian Teori
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Bunga

rangakain bunga


Rangkaian Bunga

Bunga merupakan tanaman yang warnanya dan baunya harum, selain warna dan baunya yang indah bunga juga dapat memperindah ruangan dan suasana momen dengan cara merangkai bunganya.

Seni rangkai bunga yaitu mengkombinasikan jenis bunga lalu dibuat dengan alat dan bahan yang diperlukan sesuai akan dibuat seperti apa rangkaian bunganya. Bahan dasar yang diperlukan yaitu bunga segar maupun artificial, banyak sekali jenis rangkaian bunga.

Sejarah Rangkaian Bunga

Sejarah rangkaian bunga dikenal pada abad ke 13 atau disebut periode Gothic yang digunakan para perangkai bunga untuk menghiasi gereja katedral, selain itu banyak juga untuk menghiasi lukisan, manuskrip dan pita pada abad ke 14/15 menggunakan satu tangkai bunga yang diletakan pada vas bunga.

Pada masa renaisance (1400 - 1600) seni merangkai bunga sudah berkembang secara pesat, rangkaian bunga buket yang diikat secara rapat menggunakan tali atau dengan perekat telah dikenal pada masa renaisance. Di Negara Perancis rangkaian bunga meja digunakan untuk menghiasi ruangan makan yang ditempatkan pada meja makan.

Macam - Macam Rangkaian Bunga

Merangkai bunga yaitu suatu seni desain yang mengorganisasikan bahan tanaman dan desain yang sesuai kita akan buat, dan dipadukan dengan aksesoris untuk mempercantik rangkaian. Oleh karena itu rangkaian bunga memilki berbagai jenis rangkaian yang disesuaikan untuk momen acara. Berikut adalah jenis rangkaian bunga dan sesuai momennya:

Rangkaian Bunga buket (Handbouquet)

cara membuat bunga buket


Rangkaian buket ini menggunakan bahan dasar bunga yang memiliki warna yang bagus, yang sering digunakan untuk rangkaian buket yaitu bunga mawar karena memiliki warna dan bentuk yang indah. Untuk membuat buket kita hanya perlu bahan dasar bunga, kertas wrapping, tali atau solatip, pita, kapas atau floral foam dan plastik.

Cara membuat buket kita hanya perlu rangkai bunga mawar sesuai desain buket yang kita inginkan misalkan mau membuat buket bulat yang menghadap keatas, ambil satu bunga mawar ditengah lalu bunga mawar lain buat lingkaran pertama mawar yang ditengah tadi, lanjutkan lingkari lingkaran pertama sampai lingkaran yang diinginkan, jangan lupa tarik sedikit kebawah pada setiap lingkaran.

Setelah membuat lingkaran bunga kunci menggunakan tali atau solatip, lalu potong tangkai bawahnya hingga sejajar pada bawah tangkai yang telah dipotong selimuti menggunakan kapas yang telah diisi air dan masukan kedalam plastik minuman. Pada pinggiran bunga mawar tambahkan kertas wrapping sesuai desain yang diinginkan, setelah itu untuk mengunci kertas wrapping anda gunakan pita.

Momen acara bunga buket biasanya digunakan untuk suasana romantis atau kasih sayang, seperti Hari Valentine, Hari Ibu dan hari bahagia lainnya.

Rangkaian Papan Bunga Ucapan

cara membuat papan bunga


Rangkaian bunga papan ucapan ini menggunakan bahan dasar kombinasi bunga, yang sering digunakan untuk bunga papan ucapan yaitu bunga krisan, aster, pikok, garbera dan bunga lainnya. Membuat bunga papan ucapan diperlukan skill desain kombinasi warna bunga dan warna background papan ucapan supaya bunga papan ucapan yang dibuat dapat menarik perhatian orang lain.

Cara membuat bunga papan ucapan bahan yang diperlukan yaitu bunga, lem, spon warna, oasis, bambu, styrofoam, cat warna, kawat dan aksesoris warna. Bambu potong sampai seukuran styrofoam ukuran 2x1 m lalu tali menggunakan kawat pada pinggiran styrofoam, buat kaki-kaki papan bunga dan jambul untuk atasannya. 

Setelah selesai membuat rangka bunganya selimuti pakai spon warna sesuai kombinasi yang diinginkan lalu kunci menggunakan kawat, potong styrofoam sesuai dengan data ucapannya dan tempelkan menggunakan lem. Tali oasis pada bagian kaki-kaki dan jambul rangka bunga papan. Lalu setelah itu mulai rangkai bunganya dan jangan lupa kasih warna tulisan pada data ucapannya.

Model papan bunga ucapan disesuaikan dengan acaranya hanya dengan kombinasi warna bunga dan background, jadi misalkan ada acara pernikahan biasanya menggunakan background warna merah dan bunga yang berwarna merah. Kombinasi warna dapat disesuaikan sesuai selera pembeli atau perangkai. Kisaran harga papan bunga mulai dari Rp. 450.000 sampai Rp. 2.000.000 atau bahkan bisa lebih sesuai desainnya.

Rangkaian Bunga Standing

cara membuat bunga standing


Bunga standing menggunakan kombinasi warna bunga dan rangka standing yang terbuat dari besi atau kayu. Bahan yang diperlukan yaitu bunga, floral foam, rangka standing, ucapan menggunakan stryfoam atau print kertas.

Cara membuat bunga standing anda hanya perlu menempelkan floral foam pada rangka standing dan jangan lupa diikat supaya terkunci, lalu mulai dekorasi bunganya sesuai desain yang diinginkan. Setelah itu tambahkan data ucapannya apabila menggunakan print kertas anda tempelkan bekas tangkai bunga di belakan kertas data ucapannya, lalu sesuaikan di tengah rangkaian bunga sehingga dapat terlihat oleh penerima.

Bunga standing biasanya digunakan untuk momen acara pembukaan toko, duka cita dan pernikahan, perbedaan fungsi bunga standing dan papan bunga yaitu yang dapat dilihat langsung ketika acara berlangsung, bunga standing dapat dilihat didalam ruangan acara sedangkan papan bunga hanya dapat dilihat diluar ruangan acara, karena memiliki volume yang cukup besar. Kisaran harga bunga standing Rp 500.000 sampai Rp. 1.500.000.

Toko Bunga dengan Model dan Desain Terbaru

Apabila anda sedang membutuhkan rangkaian bunga dengan bunga dan model terbaru, anda bisa mengunjungi website Aghnia Florist.

Aghnia Florist yaitu toko rangkaian bunga yang berpusat di Bandung beralamat di Jl. Rancamanyar Bojong Koneng Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Anda bisa memesenan rangkaian bunga untuk seluruh Indonesia karena Aghnia Florist memiliki partner di Seluruh Indonesia.

Aghnia Florist menerima berbagai rangkaian bunga seperti papan bunga ucapan, bunga standing, bunga meja, handbouquet dan rangkaian sesuai permintaan. 

Sebagai pemesan anda bisa request model desain yang diinginkan, anda hanya perlu menghubungi admin, Untuk hasil yang maksimal sesuai request desain disarankan anda memesan H-2 atau H- beberapa hari.


Posting Komentar untuk "Rangkaian Bunga"